PENDIDIKAN

80 Persen Lulusan SMK di Sumsel Harus Jadi Wirausaha

Sibernas.com, Palembang-Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel mengharapkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus masuk ke Dunia Usaha dan Dunia Industri atau DUDI.

Plt Kasi Peserta Didik SMK Dinas Pendidikan Sumsel Hj Mondya Boni, SE, SKom, mengatakan, 80 persen lulusan SMK harus memilih menjadi seorang wirausaha. Jadi sasaran alumni SMK bukan hanya kerja, tapi juga siap jadi wirausaha.

Ia menambahkan, komitmen Dinas Pendidikan Sumsel bukan hanya wacana saja. Pasalnya, berbagai upaya terus ditempuh guna menciptakan lulusan yang tak hanya cerdas, berkarakter, tapi juga profesional.

“Seperti halnya sekolah pariwisata di Kota Palembang sekarang sudah MoU (Memorandum of Understanding) dengan beberapa hotel di Kota Palembang,” ujar Mondya di sela-sela mengunjungi SMK Negeri 5 Palembang, Kamis (5/8).

Lihat Juga :  Siapkan Bekal untuk Menempuh Perjalanan Panjang Menuju Akhirat

Bahkan, komitmen sekolah pariwisata yang berbasis SMK telah dibentuk program One School One GM. Artinya, satu sekolah SMK Pariwisata satu GM hotel Palembang.

“Begitu juga SMK yang konsen di jurusan lain. Selain kita dorong untuk masuk DUDI juga kita dorong untuk siap jadi wirausaha,” pungkasnya.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.