EDUKASI

Dorong Lulusan Terserap Dunia Industri Lewat Kelas Kerja Sama

Sibernas.com, Palembang-Tak bisa dipungkiri bahwa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan mampu menjadi sumber daya manusia (SDM) yang cepat terserap oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi).

Berangkat dari hal tersebut, pola pendidikan SMK di Sumsel terus dipriorotaskan menuju link and mage antara pola pembelajaran di sekolah dan pola kerja di Industri.

Benar saja, meski SMK Negeri 7 Palembang tidak termasuk dalam program Revitalisasi SMK, akan tetapi pihak sekolah mengadopsi program tersebut guna menciptakan lulusan yang tak hanya cerdas tapi juga profesional.

“Sehingga tahun ini kita membuka kelas kerjasama dengan perusahaan bergengsi nasional yang ada di Palembang,”ujar Kepala SMKN 7 Palembang H Suparman, SPd, MSi, Senin (12/8/2019).

Lihat Juga :  Terjaring Razia di Warnet, Siswa SD Menangis Saat Digiring Satpol PP

Suparman menambahkan, tahun ini membuka kelas kerjasama tiga jurusan yang akan link and mage dengan tiga perusahaan nasional yang telah dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU). Mulai dari PT Yamaha, PT Mulya Jaya, TB Kriyalogam.

“Ketiga jurusan kelas kerjasama tersebut adalah Teknik Sepeda Motor, Desain Komunikasi Visual dan Teknik Kendaraan Ringan,”jelasnya

Suparman menjelaskan bahwa konsep pembelajaran kelas kerjasama ini sementara untuk 20 siswa per jurusan dengan konsep belajar di sekolah dan ditempat industri sehingga siswa benar-benar memiliki wawasan yang luas dari pembelajaran di sekolah dan industri.

“Karena terus terang pembelajaran kita masih menggunakan teknologi lama sementara teknologi sekarang terus berubah. Oleh sebab itu kita kenalkan ke induatri langsung melalui kelas kerja sama ini,” jelas dia.

Lihat Juga :  Stadion GSJ Berpeluang Besar Gelar Piala Dunia U-20 2021

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close