PENDIDIKAN

SMAN 4 Luncurkan Program ‘Easy Class’, Mirip Dengan Ruang Guru

Sibernas.com, Palembang-Tidak bisa dipungkiri, perubahan dunia pendidikan begitu cepat, jika perkembangan generasi muda tak diiimbangi dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, maka akan menjadi generasi yang tertinggal.

Lambat laun proses belajar mengajar mulai meningggalkan cara lama, yakni kertas pensil. Seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri 4 Palembang yang telah meluncurkan program Easy Class.

“Saat ini memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Perubahan begitu cepat, jika kita tak melakukan terobosan maka lulusan kita hanya menjadi lulusan biasa. Makanya kita meluncurkan Progran Easy Class ini,” ujar Kepala SMA Negeri 4 Palembang Drs Risman, MSi, Kamis (8/8/2019).

Ia menambahkan, program Easy Class diluncurkan dengan konsep belajar semua menggunakan komputer. Baik itu dalam proses belajar, ujian dan juga pemaparan materi.

Lihat Juga :  Ramadhan yang Suci, Puasa yang Ikhlas akan Meningkatkan Derajat Kemuliaan Dirimu

Siswa akan diberikan pasword dan kemudian mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan oleh oleh para guru. Tak hanya dalam proses ujian tapi juga saat belajar, siswa harus login melalui password yang telah dibuat sistem.

“Jadi ini mirip seperti Ruang Guru, dan sesuai namanya Easy, jadi belajar jadi mudah. Belajar, termasuk Mid semester menggunakan komputer,” jelasnya.

Menurut Risman sejauh ini, SDM guru tak ada masalah karena telah disiapkan guru yang benar-benar berkompeten untuk membuat program Easy Class ini. Dan program Easy Class ini sebelumnya diberikan cara dan prosesnya kepada para guru-guru sehingga semua berjalan lancar dan mudah.

“IT profesional, SDM guru juga berkompeten termasuk komputer kita ada siapkan 165 unit dan ada bantuan dari Kementerian pusat 20 unit jadi kita total siapkan 85 unit dengan empat lab komputer,” pungkasnya.

Lihat Juga :  Disdik Palembang Keluarkan Surat Edaran Larangan Perpisahan, SMPN 7 Batalkan Rencana Perpisahan Siswa

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.