SRIWIJAYA FC
Trending

Kabar Gembira, Masih Ada Celah Hilton Jadi WNI

Sibernas.com, Palembang-Proses naturalisasi yang dijalani Hilton Moreira masih belum berujung manis. Gelandang asal Brasil itu, masih menunggu panggilan untuk melakukan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sejauh ini Hilton masih berharap bisa membela Sriwijaya FC (SFC) di putaran kedua kompetisi sepakbola Liga 2 2019. Meski sulit, manajemen PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) sebagai pengelola klub SFC menyakini, masih ada satu peluang bagi Hilton menjadi seorang WNI.

“Saya sudah bicara dengan Pak Asfan Fikri Sanaf (Presiden SFC-red), dan katanya masih ada satu celah bagi Hilton untuk menjadi WNI. Jadi, belum tertutup kemungkinan menjadi WNI,” kata Wakil Direktur Utama PT SOM Hendri Zainuddin, Selasa (30/7/2019).

Lihat Juga :  Saepulloh Maulana Rekrutan Terakhir SFC di Putaran Kedua?

Meski begitu, jika nantinya kenyataan tidak sesuai harapan, Hendri meminta Hilton tidak terlalu berharap bergabung dengan SFC.

“Kalau memang sulit menjadi WNI, Hilton jangan terlalu berharap dan memaksa SFC, karena kita sudah maksimal mengurus proses naturalisasi. Nantinya jika memang tidak ada solusi lagi, kita akan melakukan komunikasi agar Hilton dapat mendapatkan klub baru,” beber Hendri yang juga menjabat Manajer SFC tersebut.

Untuk diketahui, proses naturalisasi yang dilalui oleh para pemain asing tidak lah selalu mudah seperti yang dibayangkan. Ada beragam persyaratan yang mesti dilalui oleh mereka yang mengajukan naturalisasi.

Biasaya, tim hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mencoba mengkaji lebih dalam terkait pengajuan naturalisasi berkoordinasi dengan Kemenkumham.

Lihat Juga :  'Welcome Back' Bobby Satria

Dalam pengkajian tersebut, Kemenpora juga lebih ketat dalam melihat usia pemain yang akan dinaturalisasi. Persoalan usia nantinya akan ditelaah kembali di tahap sidang DPR-RI. Dalam kasus Hilton, disebut karena usianya sudah 38 tahun dan terbilang tidak efektif.

Berbeda dengan proses naturalisasi pemain asing PSM Makassar Marc Klok, yang kini tengah ditangani Kemenpora. Percepatan Klok menjadi WNI untuk mengejar jadwal Timnas Indonesia yang akan segera tampil pada putaran kedua zona Asia Kualifikasi Piala Asia 2022.

Reporter/Editor : Zahid Blandino

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close