WISATA

Perbanyak Homestay, Berdayakan Warga Setempat

Sibernas.com, Palembang-Untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya di daerah atau kawasan wisata, Pemprov Sumsel berencana akan memperbanyak Homestay.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, tahun ini pihaknya berencana akan memperbanyak Homestay di Provinsi Sumsel.

“Ya, kita akan perbanyak Homestay khususnya di daerah atau kawasan wisata yang ada di Provinsi Sumsel,” kata Aufa Syahrizal saat diwawancarai, Kamis (25/07/2019).

Untuk dapat merealisasikan rencana tersebut pihaknya akan mengandeng atau memberdayakan masyarakat setempat yang tinggal di dekat destinasi wisata.

“Para warga setempat atau pemilik rumah akan kita bina bagaimana cara mengelola Homestay yang baik. Mulai dari melengkapi fasilitas kamar, tempat mandi, serta kebersihan dan keamanannya,” ujar Aufa.

Lihat Juga :  Sekalian Refresing, Amrizal Cs Latihan di Pantai

Aufa mengungkapkan, pihakya memperbanyak Homestay di daerah destiasi wisata dikarenakan tidak semua daerah punya hotel dan penginapan.

“Dengan pemberdayaan warga setempat untuk Homestay ini dapat membantu perekonomian warga setempat dan juga bisa memberikan pelayanan kepada wisatawan,” ungkapnya

Dijelaskannya, seperti destinasi wisata Bukit Serelo, Kabupaten Lahat yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Kebanyakan wisatawan datang ke Serelo untuk melihat sunrise. Namun, menurut dia untuk mencapai puncak butuh waktu jalan kaki dua jam dari Desa Merapi Selatan.

“Tentunya butuh Homestay di rumah penduduk untuk tempat menginap. Sementara di sana tidak ada penginapan terdekat. Terpaksa memanfaatkan rumah warga,” jelas Aufa.

Aufa menambahkan, berdasarkan data dari Disbudpar Provinsi Sumsel, jumlah homestay saat ini yang terdaftar baru mencapai kurang lebih 190 unit. Namun, banyak juga Homestay yang belum mendaftarkan usahanya ke pemerintah daerah (Pemda) setempat.

Lihat Juga :  Sekalian Refresing, Amrizal Cs Latihan di Pantai

Sementara itu, Ketua Homestay Palembang Ridwan mengatakan, Homestay di Kota Palembang memang butuh bantuan dari pemerintah. Untuk pemasaran dan melengkapi fasilitasnya.

“Ya, sebenarnya Homestay sudah cukup banyak. Tapi kami kekurangan penghuni. Kami butuh pemasaran agar bisa dikenal,” katanya singkat.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close