OLAHRAGA

Dana Disetujui Rp5 Miliar, Kebutuhan Rp8 Miliar, Targetnya 100 Medali Emas

Sibernas.com, Palembang-Meski minim pendanaan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Palembang, optimis tetap menargetkan tahta juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Prabumulih pada November 2019.

“Target kita juara umum menjadi harga mati di Porprov November nanti. Kita harus rebut 100 medali emas dari 30 cabang olahraga,” ujar Ketua Umum KONI Palembang Ir Suparman Romans pada rapat koordinasi KONI Palembang di Gedung Parameswara Pemerintah Kota Palembang, Kamis (25/7/2019).

Dia menambahkan, untuk persiapan sudah dalam tahap seleksi di setiap cabang olahraga (cabor). Tak ada kendala pada persiapan, hanya masalah anggaran, karena anggaran selalu defisit.

“Akibatnya kami harus gali lubang tutup lubang. Saat ini anggaran yang setujui Rp5 miliar sementara yang dibutuhkan Rp8 miliar. Senin nanti kita usulkan di APBD perubahan dan APBD Induk,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palembang Ahmad Zazuli menambahkan, Dispora Sumsel menganggarkan Rp5 miliar untuk bonus, persiapan dan segala kebutuhan atlet.

“Maksimal kalau untuk medali emas itu Rp30 juta,” katanya.

Zazuli menerangkan, bonus atlet perlu digelontorkan untuk atlet yang meraih medali. Diharapkan ini menjadi motivasi atlet untuk meraih prestasi membawa nama kota Palembang.

“Kita berharap bisa mempertahankan juara umum di Porprov 2017 kemarin. Mudah-mudahan bonus yang akan kita siapkan ini bisa menjadi motivasi bagi para atlet,” ujarnya.

Seperti diketahui Kota Palembang pada Porprov 2017 memperoleh total 99 medali emas, 88 medali perak dan 96 medali perunggu. Sementara Muba hanya meraih 91 emas, perak 76 dan perunggu 78.

Sementara Banyuasin pada peringkat ketiga hanya koleksi 30 medali emas, 34 medali perak serta 45 medali perunggu. Kemudian Muaraenim pada posisi empat dengan 30 medali emas, 17 medali perak dan 30 medali perunggu. Sedangkan Musirawas pada posisi kelima dengan 27 medali emas, 26 medali perak serta 32 medali perunggu.

Reporter : Abdullah
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close