PALEMBANG

Ini Syarat Hewan Kurban yang Boleh Diperjualbelikan

Sibernas.com, Palembang-Menjelang Lebaran Haji 2019, banyak pedagang hewan kurban mulai terlihat menjajakan hewan ternaknya. Akan tetapi, para pedagang perlu mengetahui syarat hewan kurban yang bisa diperjualbelikan.

Dijelaskan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Ada 3 persyaratan yang harus dipenuhi hewan ternak sebagai tolak ukur kelayakannya. Ketiga persyaratan ini adalah syarat Adiministrasi, persyaratan syar’i, dan teknis kesehatan.

Menurut Ketua PDHI Dr Drh Jafrizal, dari ketiga syarat ini, biasanya akan berupa surat keterangan yang dikeluarkan oleh dokter hewan di daerah asal hewan ternak sebagai syarat administrasi kepada peternak. Setelah ada surat ini, baru hewan ternak diizinkan untuk diperjualkan.

“Syarat ini contohnya, untuk kambing, yakni di atas 1 tahun atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Sedangkan untuk sapi atau kerbau di atas 2 tahun, atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Hewan kurban juga harus memiliki yang namanya Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” jelas Jafrizal, Rabu (24/7/2019).

Lihat Juga :  Performance Yuliana Ballet School 2024, Ini Manfaat Tari Ballet

Lanjutnya, pihaknya kini telah membentuk tim yang terdiri dari 51 orang dari Dinas Pertanian Peternakan, serta dokter hewan untuk mengecek ke para pedagang apakah telah memiliki SKKH ini.

ia juga mengingatkan, para pedagang harus juga mewasapadai penyakit menular. Untuk itu, dia menyampaikan kepada para pedagang untuk memerhatikan kebutuhan hewan dari aspek tempat berteduhnya, makanan, hingga teknis lokasi berjualan.

“Jangan sampai hewan memperlakukan hewan ternak dengan kasar dan kandangnya, harus senyaman mungkin bagi mereka agar tidak menimbulkan luka fisik dan stres pada hewan ternak,” katanya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.