SUMSEL

Awalnya Berat, Tapi Akhirnya Dijual, Setelah yang Beli Presiden Jokowi

Sibernas.com, Palembang-Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) membeli seekor sapi kepada peternak hewan kurban di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Adapun sapi yang dibeli orang nomor satu di Indonesia tersebut adalah sapi jenis peranakan ongole (PO) dan memiliki berat 1,1 ton.

“Saya terkejut ketika ada perwakilan Presiden Jokowi dari Jakarta mendatangi saya dan mau membeli sapi ongole yang berumur 10 tahun milik saya,” ujar Idil Fitriansyah (31) Peternak hewan kurban saat ditemui di peternakannya di Jalan Pangeran Ayin, Kelurahan Pedado, Kecamatan Sako, Kota Palembang, Selasa (23/7/2019).

Idil mengatakan, pada awalnya dirinya berat untuk menjual sapi ongole tersebut karena Sapi tersebut punya kesayangan bapaknya.

Lihat Juga :  Tiket Kereta Api Masa Lebaran Sudah Bisa Dibeli

“Memang awalnya berat untuk menjualnya, tapi karena yang membeli Presiden RI kami akhirnya menjualnya,” katanya.

Diungkapkannya, sapi ongole dengan berat 1,1 ton miliknya tersebut dibeli Presiden Ri Jokowi dengan harga Rp85 juta.

“Selama ini belum pernah dibeli Presiden. Ini memang baru yang pertama kalinya,” ungkap Idil

Idil menjelaskan, bahwa perawatan sapi tersebut tidaklah mudah. Terlebih butuh perawatan ekstra seperti memberi makan hingga 4 kali dalam sehari. Total makanan yang diberikan juga mencapai 100 kilogram per hari.

“Makanannya ampas tahu, ampas uni, dedek katul (ari-ari beras), kulit nanas. Sehari bisa sampai 100 kilogram untuk makannya. Sementara biaya perawatan termasuk vitamin lebih dari Rp1 juta sebulan,” jelasnya.

Sapi yang dibeli Presiden RI ini akan diserahkan ke Masjid Agung Palembang dengan cara diantar menggunakan truk.

“Sehari sebelum Lebaran Idul Adha akan kita antar ke Masjid Agung Palembang,” katanya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.