PALEMBANG

Pasar Ikan Modern Berkonsep Supermaket Rampung Akhir Desember

Sibernas.com, Palembang-Berkonsep pasar ikan terbuka, pembangunan pasar ikan modern yang berada di Jalan MP Mangkunegara, sedang dalam tahap proses dan ditargetkan selesai akhir Desember mendatang.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang Aprizal Hasyim mengatakan, pasar ikan yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan
ini, nantinya akan menjadi yang pertama di Sumatera. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah menetapkan pasar ikan modern ini akan dibangun di sebelah Kantor Camat Ilir Timur Tiga, atau tidak jauh dari JM Kenten.

“Setelah rapat bersama pada 17 Juli kemarin, diputuskan pembangunan ini langsung dimulai dan ditarget selesai 30 Desember ini,” kata Aprizal, Jumat (19/7/2019).

Afrizal mengatakan, pasar ikan modern dengan konsep supermarket ini dikhususkan bagi ikan air tawar dan laut. Pasar ini akan dihilangkan dari image pasar ikan yang kotor dan bau. Sehingga pihaknya akan memberikan arahan kepada pengelola pasar nantinya agar pasar tetap bersih.

Lihat Juga :  APBD Tak Cukup Perbaiki 20 Halte, Pemkot Andalkan CSR

Dibangun setidaknya tiga lantai, rencananya tempat ini tidak hanya untuk belanja ikan saja, tetapi juga tempat keluarga menghabiskan waktu di restoran /foodcourt.

“Seluruh pedagang kita impun di sini, ada 260 los selain untuk jualan ikan, ada juga untuk foodcourt makanan berbahan ikan, dan ada ruang edukasi perikanan juga dilengkapi pengolahan limbah,” jelasnya.

Pasar khusus ikan ini memang membutuhkan lahan yang luas. Dibutuhkannya lahan luas sebab akan ditempatkan klostorit atau mesin pendingin ikan dengan kapasitas 100-200 ton. Pembangunan dengan nilai investasi mencapai Rp24 miliar ini, dapat bermanfaat untuk masyarakat dan perekonomian Palembang serta mengurangi pengangguran.

Sesuai dengan namanya pasar modern, maka pasar ini juga akan dilengkapi dengan teknologi pembayaran via debit maupun e-money. Bahkan, setelah berjalan nanti, direncanakan akan disediakan juga layanan drive thrue.

“Semua konsep ini telah disiapkan Kementerian Perikanan, begitupun dengan anggarannya,” ujarnya.

Reporter : Pitria
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.