SUMSEL

Ikan Predator Ancam Populasi Ikan Asli Sumsel

Sibernas.com, Palembang-Ikan predator yang masih sering ditemukan di sungai yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bisa mengancam populasi ikan asli Sumsel.

Hal ini diungkapkan Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palembang, Sugeng Prayogo saat diwawancarai, kemarin. Sugeng mengatakan, ikan predator masih ditemukan di beberapa sungai yang ada di Sumsel.

“Ya, sungai yang ada di Sumsel masih ditemukan ikan Aligator seperti tahun lalu kita temukan di Ogan Komering Ilir (OKI),” katanya.

Ikan predator ini dapat mengancam kelangsungan ikan asli Sumsel yang ada di sungai.

“Ya, ikan ini bisa menjadi ancaman bagi ikan asli Sumsel seperti ikan botia, tiger fish, patin, gabus dan ikan belida yang saat ini terancam punah,” ujar Sugeng

Lihat Juga :  Gerai Sembako OKI, Sediakan Pangan Murah Terjangkau

Sugeng mengungkapkan, pada tahun 2018 lalu pihaknya telah memusnahkan 37 ikan predator jenis Aligator yang telah didapat hasil dari pemberian warga dan dari berbagai komunitas yang secara sukarela menyerahkan ikan Aligator ke SKIPM Palembang.

“Warga yang memelihara ikan Aligator ini telah dipelihara sejak kecil. Setelah ikan tersebut telah dewasa mereka tidak lagi mau memelihara sehingga banyak yang melepas ikan Aligator itu ke sungai dan ini yang bisa merusak ekosiatem rantau makanan. Ada juga yang menjadikan ikan Aligator ini sengaja dijadikan bisnis untuk dijual,” ungkap Sugeng

Untuk itulah, pihaknya mengimbau kepada warga atau komunitas di Sumsel yang masih memelihara ikan Aligator itu untuk diserahkan langsung ke kantor SKIPM Palembang.

Lihat Juga :  Polres OKI Kawal Kondusivitas Wilayah Jelang Ramadan dan Idul Fitri

“Kami mengimbau kepada warga dan komunitas yang masih memelihara ikan Aligator untuk tidak dilepas ke sungai dan harus segera diserahkan ke kantor SKIPM Palembang,” katanya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.