NASIONAL

Kebun Gizi Rumah Zakat Perdana Desa Berdaya Talang Balai Baru II Ogan Ilir

SIBERNAS.com – Ogan Ilir, Relawan Rumah Zakat membuka lahan baru untuk kebun gizi percontohan pemberdayaan lahan di kebun masyarakat. Program pertanian khusus untuk masyarakat di desa Talang Balai Baru II. Tanjung Raja , Kab. Ogan Ilir.

Pemberdayaan berkelanjutan ini merupakan kegiatan perdana bantu masyarakat Desa Talang Balai Baru II untuk belajar memanfaatkan lahan kosong khusus kebun gizi sayur mayur , Selasa (16/07/2019).

“Program pertanian ini sebagai bentuk timbal balik dari program lansia yang sudah selesai. Kebun Gizi ini dimulai pada awal bulan Juni 2019. Sejak tanam hingga sekarang berumur 1,5 bulan yang tinggal butuh 5 hari lagi sudah siap panen untuk sayur bayam” ujar Ari Saputra Fasilitator Rumah Zakat.

Lihat Juga :  Gelar Razia Besar-besaran Mulai Besok Hingga 14 Hari Kedepan, Polri Rinci 12 Pelanggaran yang Akan Disasar

Menurutnya kebun gizi sayur mayur ini terdapat berapa jenis sayuran kangkung, bayam, cabe, jagung dan kacang tanah. Untuk kacang tanah terdapat dua lahan bersebelahan di lokasi dusun 4 RT 06 di tanah endapan lumpur berpasir yang kaya nutrisi khas endapan menjadi pemicu subur nya tanaman kacang satu lahan dan lahan kedua yang sedang dibuka dan sebagian sudah ditanam bibit baru kacang tanah.

Kegiatan pemanfaatan lahan ini terdiri dari lima orang peneriman manfaat zakat khusus pertanian dan dicoba dengan sedikit bibit dan akan dikembangkan sampai bisa munjual kepasar- pasar warung terdekat untuk pasokan sayur.

Hal ini disampaikan oleh Asmawati (59) tahun ” Alhamdulillah sudah numbuh tanaman baik  kacang lama, bayam kangkung dan cabe serta sayur lain, harapan kami taun depan lahan ini masih bisa untuk dibuka ditanami kacang dan sayur lain nya”, ungkap nya

Lihat Juga :  Gelar Razia Besar-besaran Mulai Besok Hingga 14 Hari Kedepan, Polri Rinci 12 Pelanggaran yang Akan Disasar

Rumah Zakat News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.