SYARIAH

JCH Dihimbau Waspada Virus Mers-Cov

Sibernas.com, Palembang-Sebanyak 8.545 Jemaah Calon Haji (JCH) embarkasi Palembang asal Sumsel Babel dihimbau untuk waspada terhadap virus Mers-Cov. Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang sekaligus Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi saat diwawancarai, kemarin.

Alfajri mengatakan, bahwa musim haji tahun ini untuk virus yang perlu diantisipasi atau diwaspadai yaitu virus Mers-Cov.

“Karenya yang perlu diantisipasi virus Mers-Cov maka kita periksa kesehatannya seperti suhu tubuhnya dan lain-lain,” katanya

Selain itu pihaknya juga menghimbau agar JCH menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

“Ya, kita juga minta untuk Jaga kesehatan dan juga banyak minum air putih selama ini,” ujar Alfajri.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dr. Marjunet mengatakan, bahwa ada beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pada musim haji tahun ini selama di Arab Saudi seperti meningitis dan mers-cov.

“Mers-cov itu gangguan kesehatan yang menyerang manusia, berupa sekumpulan heals (syndrome) pada pernafasan yang disebabkan oleh virus jenis corona. Virus jenis corona ini hidup didalam tubuh Unta dan sampai sekarang belum ada obat dan vaksin untuk mengatasinya,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, untuk penyakit yang perlu diwaspadai pada musim haji tahun ini selama di Arab Saudi seperti meningitis sudah ada vaksin untuk pencegahannya. Maka setiap jemaah wajib dilakukan vaksin meningitis dalam waktu minimal 10 hari sebelum keberangkatan ke Arab.

“Untuk mers-cov, penyakit ini belum ada obatnya atau vaksinnya. Maka hal-hal yang perlu dilakukan yaitu hindari kunjungan atau ziarah ke peternakan LBTA. Hindari juga berwisata dengan mengendarai LBTA, ataupun hanya sekedar berfoto bersama unta. Kemudian hindari berdesak-desakan di kerumunan orang ramai yang tidak dikenal. Jangan lupa konsumsi air minum yang banyak, usahakan lebih dari 2 liter per hari. Serta mengkonsumsi banyak buah dan sayuran,” ungkap Marjunet.

Marjunet menambahkan, saat keluar ruangan atau pemondokan gunakan masker. Selalu gunakan masker walaupun didalam ruang atau kamar pemondokan ketika sedang sakit.

“Terapkan juga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta istirahat yang cukup, dengan memanfaatkan waktu luang untuk istirahat atau tidur,” katanya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close