PALEMBANG

Heboh, Para Pemancing Disungai Musi Tangkap Ikan Belida Jumbo

SIBERNAS.com, Palembang –  Walaupun sudah jarang ditemui ternyata ikan belida masih ada di sungai musi,hal ini terbukti ketika para pemancing di sungai musi dekat Pulau Kemaro hebo dengan berhasil mendaptkan ikan belida ukuran besar.

Budi (58) warga Jalan Peternakan Sungai Lais memancing di dekat Pulau Kemaro belum lama ini bersama teman-temannya. Ia berangkat dari Sungai Batang dan mengambil spot di dekat bekas proyek pembangunan Waskita Karya di areal Pulau Kemaro.

“Saya pakai umpan cacing laut (nipah) yang saya beli di pasar,” kata Budi dikutip dari  sumsel.tribunnews.com

Setengah jam menajur kail, umpannya digigit.

“Gigitannya terasa sangat ganas, ciri khas ikan predator. Saya sempat mengira itu ikan toman,” kata Budi.

Lihat Juga :  PT Pegadaian Kanwil III Palembang Resmikan The Gade Creative Lounge di Unsri

Bukan main kagetnya Budi saat diangkat ternyata itu ikan belida yang belakangan diketahui beratnya 1,3 kilogram. Tangkapan Budi tak sampai di situ saja. Setengah jam dari tangkapan pertama, umpannya kembali disambar.

“Hentakannya sama dan bahkan lebih berat lagi. Saat saya angkat ukurannya lebih besar,” kata Budi.

Ikan kedua ditimbang seberat 1,6 kilogram. Strike beruntun dari Budi ini membuat heboh para pemancing di sana. Foto-foto tangkapan pun tersebar. Namun meski Budi menangkap belida dua kali berturut-turut, tak satu pun pemancing lainnya yang dapat.

Tangkapan belida di Sungai Musi memang mengejutkan. Banyak para pemancing tak menyangka masih ada ikan belida di Sungai Musi.

Sudah sejak lama, ikan belida tak dijumpai lagi di Sungai Musi. Diduga habitatnya telah rusak. Sementara saat ini pasokan belida untuk kebutuhan warga Palembang dipasok dari Riau dan Kalimantan. Beberapa waktu lalu, pemerintah memang sempat menebar bibit ikan belida di kawasan Sungai Musi. Dari tangkapan Budi ini bisa jadi adalah belida-belida yang ditebar itu.

 

Editor : Handoko

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.