SUMSEL

Tinjau Lokasi Kebakaran, Gubernur Ajukan Dana Perbaikan ke Pusat

Sibernas.com, Palembang-Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)Herman Deru didampingi istri Febrita Lustia Herman Deru, meninjau lokasi kebakaran yang terjadi di Gang Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati RT 25,26,27,28, pada Rabu, (10/7/2019).

Pada kesempatan tersebut, Herman Deru juga memberikan atau menyerahkan bantuan berupa barang dan juga semangat atau motivasi kepada para korban kebakaran tersebut yaitu sebanyak 136 kk dan 537 jiwa atau sebanyak 113 rumah yang terbakar.

Deru mengaku prihatin dan ikut berduka atas musibah yang menimpa warga. Tak ada yang menginginkan peristiwa ini terjadi, walaupun demikian ujian yang diberikan ini pasti ada hikmahnya.

“Kita masih bisa bersyukur bahwa meski peristiwa kebakaran ini besar namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Saya yakin bantuan ini tidak cukup memang dan tidak bisa menyembuhkan luka hati, tetapi kita semua tetap harus tabah, bersyukur, dan semangat tak boleh hangus dalam menghadapi ini,” katanya.

Lihat Juga :  Buka FGD Karhutbunla, Deru: Kita Inventarisir, Kalau Memang Melanggar Cabut Saja Izinnya

Deru menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tidak akan tinggal diam mengawal hal ini. Dirinya akan berupaya agar semua korban bisa mendapatkan bantuan.

“Dinsos sudah mengajukan tambahan bantuan dari pusat, sebab peristiwa ini sudah masuk bencana nasional. Ada lebih dari 100 rumah dan KK yang terdampak. Jika ada kebutuhan lain misal ada manula yang butuh kursi roda silakan diajukan ke Dinsos,” ungkap Deru.

Sementara itu, Kepala Dinas Provinsi Sumatera Selatan Rosyiddin Hasan mengungkapkan, bantuan yang diberikan Pemprov Sumsel adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya dan bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban para korban kebakaran.

Adapun bantuan yang diberikan yaitu sandang 133 paket, kids ware 133 paket, karung plastik 266 lembar, perlengkapan sekolah 133 paket, lauk pauk 133 paket, makanan tambahan gizi 133 paket, matras 133 lembar, selimut 133 lembar, beras 6 ton, matras, selimut, tenda gulung, mie instan, makanan anak, dan lauk pauk.

Lihat Juga :  Sebuah┬áSekolah Dasar di Empat Lawang Ludes Terbakar

“Kemudian peralatan dapur keluarga, family kid, food ware, kids ware, paket makanan siap saji, paket sandang, paket lansia, seragam sSMA, seragam SMP, seragam SD, perlengkapan sekolah dan makanan tambahan gizi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam peristiwa ini masa recovery akan ditetapkan selama satu bulan, hal ini disesuaikan permintaan warga.

“Dari pemerintah sudah kita ajukan bantuan untuk perbaikan rumah sebesar Rp15 juta bagi yang tidak memiliki usaha Produktif dan Rp20 juta yang punya usaha produktif. Korban bisa melampirkan surat rekomendasi dari kelurahan,” katanya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close