SUMSEL

Dekranasda Bakal Direvitalisasi Jadi Sentra UMKM dan Wisata

Sibernas.com, Palembang-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) berencana melakukan revitalisasi Kawasan Dekranasda Jakabaring, Palembang dalam waktu dekat. Nantinya kawasan yang memiliki luas 17 Hektar tersebut akan menjadi sentra pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan juga pusat wisata untuk masyarakat.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, dirinya memberikan perhatian khusus terhadap kawasan Dekranasda ini. Bahkan, secara langsung ia memberikan tugas kepada Ketua Dekranasda.

“Dekranasda memiliki lahan cukup besar namun sayangnya selama ini hanya dimanfaatkan temporer saja. Harusnya Dekranasda dapat dijadikan sebagai showroom permanen bagi produk-produk UMKM. Maka dari itu akan kita revitalisasi kawasan ini,” katanya.

Deru mengakui anggaran untuk pelaksanaan revitalisasi membutuhkan biaya yang besar, tetapi dirinya optimis revitalisasi ini akan terwujud tentunya tak terlepas dari dukungan semua pihak.

Lihat Juga :  Polres OKI Kawal Kondusivitas Wilayah Jelang Ramadan dan Idul Fitri

“Saya juga minta Dinas PU Cipta Karya juga membantu melalui APBD agar ada percepatan,” ujar Deru.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan.Febrita Lustia Herman Deru mengatakan, berupaya untuk berkontribusi dalam mendukung pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Salah satunya melalui optimalisasi kawasan Dekranasda.

Di mana di atas Lahan 17 Ha dengan bangunan 1 gedung dan 15 anjungan kabupaten/kota, ke depan akan dikembangkan secara profesional untuk menjadi sentra UMKM hingga pusat wisata keluarga dengan harapan mampu berkontribusi pada PAD Sumsel.

“Di sini kita akan jadikan pusat kegiatan UMKM, mulai dari pelatihan hingga pemasaran produknya. Di luar itu, Dekranasda sesuai instruksi gubernur akan dijadikan destinasi wisata. Ada anjungan yang bisa dijadikan guest house hingga lokasi tempat pernikahan dan prewed,” ujarnya.

Lihat Juga :  Gerai Sembako OKI, Sediakan Pangan Murah Terjangkau

Ditambahkan J Rianthony, Ketua Forum CSR Sumsel, revitalisasi kawasan Dekranasda ini membutuhkan dana sebesar Rp 50 miliar dengan waktu pengerjaan selama dua tahun. Di mana dukungan dana juga melibatkan pihak ketiga lewat dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Bisa dibilang revitalisasi Dekranasda ini konsepnya seperti JSC, keroyokan dari berbagai pihak. Sejauh ini selain dukungan dari Pemprov Sumsel, ada 10 perusahaan yang sudah komitmen untuk ikut bantu,” ujarnya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.