SUMSEL

Fokus Ibadah, Jangan Sibuk Foto dan Belanja

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta kepada para Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sumsel untuk fokus menjalankan ibadah di Tanah Suci. Hal ini diungkapkannya saat melepas JCH Embarkasi Palembang Kloter Pertama sebanyak 448 JCH di Asrama Haji, Minggu (7/7/2019).

Deru mengatakan, dalam menjalankan ibadah haji nanti, dirinya berpesan kepada para 448 JCH untuk fokus menjalankan ibadah.

“Saya minta para jamaah untuk fokus ibadah, jangan sibuk mengabadikan momen dengab menggunakan handphone (berfoto) dan berbelanja,” katanya.

Selain itu, dirinya juga meminta agar para jemaah untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

“Jaga kesehatan di sana dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman sesuai fisik masing-masing dan juga istirahat yang cukup,” ujar Deru

Deru mengungkapkan, apa yang telah didapat dan dipelajari di manasik haji agar dapat selalu diingat sehingva tidak menemui kendala selama di sana.

“Atas nama pribadi dan Pemprov Sumsel saya dan mengucapkan selamat jalan dan semoga menjadi haji mabrur dan mabruroh. Mabrur dalam perkataan dan perbuatan yang selanjutnya dapat diaplikasikan dalam pergaulan sehari-hari” ungkapnya

Sementara itu, Wakil Ketua II Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, Embarkasi Palembang M Iqbal Alisyahbana yang juga menjabat sebagai Plt Karo Kesra mengatakan, Pemprov Sumsel menganggarkan dana untuk biaya hidup masing-masing jamaah haji sebesar 236 riyal.

“Bantuan living cost bagi jamaah itu diberikan kepada mereka yang sudah berada di Asrama Haji Palembang. Seperti yang dilakukan hari ini,” katanya.

Bantuan yang diberikan ini diperuntukan untuk biaya hidup jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah selama di Tanah Suci.

“Pemerintah sudah menyiapkan living cost yang memang sudah diperhitungkan kecukupannya bagi jamaah selama di Tanah Suci. Itu hanya untuk jaga-jaga,” kata dia.

Lihat Juga :  Polres OKI Kawal Kondusivitas Wilayah Jelang Ramadan dan Idul Fitri

Iqbal menjelaskan, jumlah jamaah haji Embarkasi Palembang sebanyak 8.545 orang pada musim haji tahun ini. Dengan rincian 7.195 asal Sumsel, 1.255 asal Bangka Belitung, dan 95 petugas kloter. Namun, bantuan living cost tersebut hanya diberikan kepada jamaah haji asal Sumsel.

“Jadi yang mendapat bantuan living cost dari Pemprov Sumsel sebanyak 7.195 orang asal Sumsel,” jelasnya.

Dia juga mengimbau para jamaah haji Embarkasi Palembang untuk memelihara, menjaga kesehatan dan juga menjaga sopan santun selama berada di Tanah Suci.

“Karena calon jamaah yang berangkat ini adalah duta-duta bangsa selama menjalankan ibadah haji, sehingga keberadaan mereka di sana adalah cerminan masyarakar dan bangsa Indonesia, khususnya Sumsel,” katanya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.