SUMSEL

Percepat Pembangunan KEK, Pemprov Kolaborasi Dengan PT Tri Patria

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) akan berkolaborasi dengan PT Tri Patria untuk mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api (TAA).

Hal ini diungkapkan Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Penbangunan Provinsi Sumsel, Yohanes H Toruan saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (4/7/2019).

Yohanes mengatakan, PT Tri Patria mengajukan usulan ke Pemprov Sumsel untuk menjadikan lahannya menjadi Kawasan KEK TAA.

“PT Tri Patria memiliki lahan sendiri seluas 2170 hektar, nah mereka mengajukan ke Pemprov Sumsel untuk lahan tersebut dijadikan kawasan KEK TAA,” katanya.

Pengajuan usulan dari PT Tri Patria ini sangat didukung pihaknya karena tidak perlu lagi melakukan pembebasan lahan.

Lihat Juga :  Tarif Tol Indralaya-Prabumulih, Mulai Berlaku Hari Ini

“Sedangkan kawasan yang lama seluas 2030 hektar baru dibebaskan Pemprov Sumsel seluas 67 hektar,” ujar Yohanes.

Yohanes mengungkapkan, dengan adanya usulan tersebut, konsekuensinya PP nomor 51 tahun 2014 yang diantaranya isinya menyatakan kawasan KEK 2030 hektar harus diubah.

“Jadi PP nomor 51 tersebut harus diubah dan juga yang mengajukan pengusulan untuk KEK TAA yaitu PT Tri Patria bukan lagi Pemprov Sumsel,” ungkapnya.

Untuk itulah diadakan Rapat Evaluasi Perkembangan Pembangunan KEK Tanjung Api-Api. Jadi kerangka apa yang akan disampaikan akan dibuat secara resmi dan akan disampaikan ke Dewan KEK Nasional.

“Maka untuk mempercepat itulah ada beberapa hal teknis yang perlu kita olah dan dibicarakan dengan pusat. Dan Gubernur diminta secara resmi menyampaikan perkembangan KEK TAA dan rencana kerjasama dengan PT Tri Patria ke Dewan KEK Nasional,” jelasnya.

Lihat Juga :  Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Lakukan Pendatanganan MoU dengan PHRI Sumsel

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.