Uncategorized

Baru 4 Kloter Selesaikan Visa Jamaah Haji

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Dari 19 kloter yang akan diberangkatkan Embarkasi Palembang, baru 4 kloter yang menyelesaikan urusan visa.

Hal ini diungkapkan Ketua PPIH Embarkasi Palembang HM Alfajri Zabidi saat diwawancarai seusai memimpin rapat persiapan pemberangkatan haji tahun 1440 Hijriah 2019 di Aula Asrama Haji Palembang, Selasa (2/7/2019).

Alfajri mengatakan, pihaknya berharap proses penerbitan visa tahun ini dapat diselesaikan lebih cepat dibanding tahun sebelumnya. Hingga hari ini, visa untuk jamaah kloter satu sampai kloter empat sudah selesai. Dimana satu kloter ini rata-rata terdapat sebanyak 450 jamaah dengan 5 petugas. Rinciannya dokter, 2 perawat, ketua kloter, dan pembimbing ibadah.

“Saya minta bidang dokumen agar terus berkoordinasi dengan pihak terkait di Kementerian Agama (Kemenag), sehingga proses penyelesaian visa untuk kloter-kloter berikutnya bisa segera dirampungkan. Jangan sampai terjadi jamaah sudah siap berangkat, tetapi visa-nya belum selesai,” katanya

Lihat Juga :  LindungiHutan Gelar Webinar Pemanfaatan Ekosistem Hutan dan Perairan untuk Mengatasi Perubahan Iklim Secara Berkelanjutan

Untuk itu dirinya berpesan kepada seluruh panitia Embarkasi Palembang agar dapat bekerja dengan baik dalam melayani para jamaah. Mulai dari saat proses penerimaan jamaah di asrama haji, akomodasi selama di asrama haj, hingga jamaah bertolak menuju Tanah Suci.

“Setiap tahun ada evaluasi dan catatan atas kinerja kita dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji. Apa yang kurang maksimal di tahun-tahun sebelumnya, agar tahun ini dapat diperbaiki,” ujar ALfajri.

Alfajri mengungkapkan, pihaknya juga meminta laporan setiap bidang PPIH Embarkasi Palembang terkait kesiapannya. Untuk sejauh ini, ia mengaku cukup puas dengan kesiapan setiap bidang dalam menjalankan tugas melayani jamaah Embarkasi Palembang.

“Memang ada beberapa hal teknis yang masih perlu kita sempurnakan. Semisal menyediakan bis yang layak untuk mengangkut calon jamaah haji dari aula asrama haji ke kamar masing-masing,” ungkapnya.

Lihat Juga :  Usai Tekuk Vietnam, Indonesia Butuh Satu kemenangan lagi untuk Lolos Piala Asia 2027

Sementara itu, Humas PPIH Embarkasi Palembang Saefudin mengatakan, pada tahun ini jumlah jamaah asal Sumsel dan Babel yang akan diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 19 kloter.

“Proses pemberangkatan jamaah dimulai pada 7 Juli dan berakhir pada 25 Juli mendatang,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, panitia Embarkasi Palembang akan menerima kedatangan jamaah kloter I asal Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dan Palembang pada 6 Juli pukul 10.00 WIB. Mereka dijadwalkan bertolak meninggalkan Palembang menuju Madinah pada 7 Juli pukul 10.00 WIB.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, jamaah calon haji akan menjalani proses penerimaan di asrama haji mulai dari pembagian uang living cost, gelang jamaah, bantuan gubernur, pemeriksaan akhir kesehatan, dan manasik haji terakhir. Setelah 24 jam diinapkan di asrama haji, mereka diberangkatkan menuju Tanah Suci,” ungkap Saefuddin.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.