PALEMBANG

Akhir Bulan ini, Gaji Honorer Jadi Rp3 Juta

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menaikkan gaji tenaga honorer per Juni ini menjadi Rp3 juta. Kenaikan gaji ini menyesuaikan Upah Minimun Regional (UMR) Kota Palembang sebesar Rp 2,9 juta per bulan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang Hoyin Rizmu mengatakan, kebijakan itu berlaku sejak 1 Juni 2019. Sehingga tepat akhir Juni, para honorer sudah mendapatkan tambahan gaji Rp1 juta dari sebelumnya, Rp2 juta per bulan.

“Kenaikan gaji honorer ini sudah disetujui dan akan dibayarkan di akhir Juni ini juga atau awal Juli, sesuai dengan kapan Surat Perintah Membayar (SPM) diajukan masing-masing OPD,” kata Hoyin Rizmu, Rabu (27/6/2019).

Lihat Juga :  APBD Tak Cukup Perbaiki 20 Halte, Pemkot Andalkan CSR

Hoyin mengatakan, anggaran ini digunakan dari APBD Kota Palembang 2019. Di mana pihaknya mengangarkan sebesar Rp40 miliar dengan kalkulasi jumlah honorer di Kota Palembang mencapai 4.000 pegawai dikalikan kenaikan Rp1 juta tiap orangnya.

“Ada tambahan pengeluaran Rp40 miliar untuk tambahan gaji honorer,” katanya.

Hoyin mengatakan, kenaikan gaji honorer ini yang memiliki Surat Keputusan (SK) dari walikota. Untuk honorer yang hanya berdasarkan SK dari kepala dinas atau kepala sekolah maka tidak mendapatkan uang dari kenaikan gaji.

Hoyin juga menegaskan, jumlah honorer saat ini dari segi keuangan sudah mencukupi. Angkanya sudah mencapai 30 persen dari jumlah ASN di Pemkot Palembang.

Lihat Juga :  Ada 30 Ribu Titik Blank Spot, Pemkot Palembang Dapat 100 Titik Lampu Jalan Bantuan Developer

“Kalau dari segi keuangannya sudah cukup, tapi kalau dari kepegawaian saya kurang tahu,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang honorer di Setda Kota Palembang Rika Wijaya, menyambut gembira kenaikan gaji tersebut. Kenaikan gaji yang ini sangat membantu pengeluaran sehari-hari.

“Kabarnya gaji bulan ini jadi Rp3 juta. Hari ini memang belum masuk gaji, kemungkinan besok karena biasanya gaji kita itu masuk di akhir bulan,” katanya.

Reporter : Pitria
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.