BERITA UTAMAPALEMBANG

Paling Lambat Awal Juli, PNS Pemkot Terima Gaji ke-13

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Pegawai Negeri Sipil Negara (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, paling lambat akan menerima gaji ke-13 pada awal Juli 2019. Pemkot Palembang telah menyiapkan dana gaji ke-13 sebesar Rp54,7 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Palembang Hoyin Rizmu mengatakan, pembayaran gaji ke-13 memgacu pada Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) dan segera dibayar karena sudah diminta melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Kita sudah rekap gaji ke-13 tahun 2019 ini Rp 57.016.557.500 (gaji kotor), dipotong PPh sesuai dengan pasal 21 Rp2.260.583.800, maka total gaji ke-13 Rp54.755.973.700,” jelas
Hoyin Rizmu, Rabu (19/6/2019).

Kata dia, gaji 13 diperuntukan bagi anak sekolah, jadi akan dibayarkan sebelum ajaran baru.

Lihat Juga :  Polisi Pastikan Ada Tersangka Terkait Tewasnya Siswa SMA Taruna

“Saat ini sedang kita proses, saat akan memasuki tahun ajaran baru atau sekitar akhir Juni paling lambat awal Juli nanti kita bayarkan,” katanya.

Karena itu, instruksi untuk pembayaran ini, bisa tepat waktu. Di mana terkait hal ini APBD 2019, Kemendagri telah menerbitkan Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 mengenai Pedoman Penyusunan APBD tahun 2019.

“Di dalam peraturan itu Pemda sudah diminta untuk menyediakan anggaran gaji ke-13 dan THR. Sudah kita menganggarkan di dalam APBD untuk gaji ke-13 ini,” katanya.

Jikapun dalam pelaksanaan ini Pemda belum menganggarkan atau sudah menganggarkan tapi tidak cukup dana untuk membayarkan THR dan gaji ke-13, maka sesuai Permendagri ini karena sifatnya kebutuhan mendesak.

Lihat Juga :  Prediksi Pertandingan : Jangan Sampai Malu Dua Kali

“Penyediaan dananya dapat melalui perubahan penjabaran APBD tanpa menunggu perubahan APBD 2019,” jelasnya.

Salah satu PNS, M Arief mengatakan, jika gaji ke-13 menjadi dana pembantu untuk kesiapan anak masuk sekolah.

“Ajaran baru biasanya keperluan baru lagi, meksi lanjut kelas tetap kebutuhan primer seperti buku, dan lainnya harus dipenuhi, apalagi yang baru mau sekolah, mulai tingkatan SD sampai kuliah terasa sekali penggeluarannya,” jelasnya.

Reporter : Pitria
Editor : Zahid Blandino

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close