BERITA UTAMASUMSEL

Kini, Bayar Pajak Kendaraan Tak Perlu ke Samsat, Caranya Sangat Mudah

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Pemilik kendaraan bermotor dan mobil di seluruh Indonesia, kini sudah bisa menikmati layanan Samsat Online Nasional (Samonas). Jadi, ketika membayar pajak mobil atau sepeda motor tidak perlu lagi datang langsung ke Samsat.

Hari ini, Samonas sudah mulai di sosialisasikan, Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Dwi Asmoro seusai acara Sosialisasi Samonas dan Samsat Regional Sumsel menjelaskan. Samsat online ini sistem baru yang dikeluarkan Porlantas Polri dan tim pembina samsat, di mana masyarakat bisa membayar pajak kendaraan mereka saat sedang berada di luar Sumsel.

“Misalkan wajib pajak yang memiliki kendaraan ber plat Palembang akan tetapi sedang berada di Jakarta ataupun Bandung, bisa membayarkan pajaknya melalui samsat online ini,” kata Kombes Pol Dwi Asmoro pada Sosialisasi Samsat Online Nasional (Samonas)dan Samsat Regional Sumsel di Hotel The Alts, Rabu (19/6/2019).

Menurut dia, Samonas ini merupakan upaya pemerintah agar masyarakat wajib pajak bisa semakin mudah dalam membayarkan pajaknya. Apalagi di dalam aplikasinya nanti bukan hanya bisa membayar pajak saja, tapi terdapat informasi data kendaraan bermotor, informasi pajak kendaraan bermotor, jumlah ataupun habis masa berlaku kendaraan bermotor.

Lihat Juga :  Prediksi Pertandingan : Jangan Sampai Malu Dua Kali

“Hari ini kita melaksanakan sosialisasi tentang Samonas, semoga dengan hadrinya Samonas ini kesadaran masyarakat semakin meningkat atas kewajiban mereka membayar pajak,” harapnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumsel Neng Muhaiba menambahkan, Samonas baik aplikasi ataupun hardwarenya saat ini sudah bisa digunakan. Akan tetapi, belum di launching secara resmi, terutama untuk Provinsi Sumsel.

“Untuk launching nanti akan kita satukan dengan Samsat Online Regional Sumsel. Jadi nanti bukan hanya ada Samonas, ada juga samsat E-Dempo,” jelasnya.

Sebelumnya, Neng juga mengungkapkan jika akan ada Samsat Online Regional Sumsel dengan nama E-Dempo. Sistem kerjanya sendiri sama dengan Samonas, hanya saja E-Dempo dikhusukan untuk masyarakat Sumsel.

Lihat Juga :  Hari Pertama Masuk Sekolah, Bupati Muba Dodi Reza Izinkan ASN Antar Anak Ke Sekolah

Dikatakanbta, wajib pajak yang sedang berada di luar kota bisa membayarkan pajaknya melalui E – Dempo dan pembayaranya tetap melalui Bank Sumsel Babel. Pembayaran melalui aplikasi ini hanya bisa dilakukan untuk pembayaran tepat waktu, jika wajib pajak menunggak lebih dari satu tahun, tetap wajibkan membayar di samsat sesuai plat kendaraan mereka.

“Contohnya, wajib pajak yang memiliki kendaraan ber plat Palembang akan tetapi sedang berada di Lubukkinggau, bisa membayarkan pajaknya melalui aplikasi ini. Ketika proses pembayaran selesai pencetakan STNK bisa dilakukan di samsat manapun. Jika dia ada di Lubuklinggau bisa dicetak di sana, tidak harus ke Palembang. Tapi aplikasi ini hanya bisa bagi wajib pajak yang berada di wilayah Sumsel saja,” terang Neng.

Reporter/Editor : Zahid Blandino

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close