OLAHRAGA

Kalahkan Belanda, Portugal Kawinkan Dua Gelar Eropa

SIBERNAS.com, PORTO-Gol tunggal pemain Valencia, Goncalo Guedes, jadi penentu kemenangan Portugal atas Belanda di final UEFA Nations League. Timnas Portugal menjadi juara UEFA Nations League setelah menaklukkan Belanda 1-0 di Estadio Do Dragao, Porto, Senin (10/6/2019) pukul 01.45 WIB.

Di babak pertama, skor kacamata menghiasi laga final kompetisi garapan otoritas sepakbola Eropa (UEFA) edisi perdana tersebut. Portugal lebih banyak menekan di babak pertama dan mencatatkan beberapa peluang, tetapi masih mentah di tangan kiper Belanda, Jasper Cillessen.

Sementara itu, di awal babak kedua, Belanda mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Guna menambah daya gedor, pelatih Ronald Koeman memasukkan penyerang Sevilla, Quincy Promes, menggantikan Ryan Babel.

Oranje mencatatkan satu peluang melalui Georginio Wijnaldum, tetapi gelandang Liverpool terlebih dulu terjebak offside dan tembakannya berhasil dihalau kiper Rui Patricio.

Portugal, yang tak mau kalah, kemudian mencatatkan dua peluang, masing-masing di menit ke-53 dan 55′. Tetapi, kesigapan Jasper Cillesen di bawah mistar gawang Belanda serta Matthijs de Ligt yang bersiaga penuh menjaga pertahanan masih jadi batu sandungan Cristiano Ronaldo dkk mendapat gol perdana di pertandingan ini.

Belanda ganti menebar ancaman pada menit ke-57, namun Rui Patricio masih cukup tangguh mengamankan gawang Portugal dari kebobolan. Portugal yang memanfaatkan serangan balik berhasil mencetak gol pada menit ke-59 melalui sepakan kaki kanan Goncalo Guedes.

Gol tersebut diawali lari solo Bernardo Silva di sisi kanan pertahanan Belanda. Silva yang tak terkawal kemudian memberikan umpan tarik kepada Guedes, yang langsung melancarkan tembakan yang tak kuasa dihalau oleh Cillessen.

Belanda yang ketinggalan satu gol mencoba menyerang. Satu peluang didapat di menit ke-64, saat umpan lambung Donny van de Beek dari sisi kiri pertahanan Portugal disambut Memphis Depay. Namun, bola masih berhasil diamankan Rui Patricio. Belanda kembali menghasilkan satu peluang pada menit ke-79.

Tembakan gelandang Atalanta, Martin de Roon, masih melayang di atas mistar gawang Patricio. Sementara itu, Portugal yang ingin menambah gol mencoba mengandalkan serangan balik. Satu peluang didapat di menit ke-80 lewat tembakan Bruno Fernandes dari luar kotak penalti yang masih mampu diamankan Cillessen.

Sebuah kemelut kemudian terjadi di menit ke-83, namun gagal dimanfaatkan oleh pemain pengganti, Luuk de Jong, yang tandukannya melebar di sisi kiri gawang Portugal. Jelang peluit akhir pertandingan, kedua tim saling bertukar serangan. Namun, tak ada gol tambahan hingga wasit asal Spanyol, Alberto Undiano Mallenco, meniup peluit akhir.

Dengan hasil ini, Portugal berhasil meraih gelar UEFA Nations League edisi perdana. Gelar ini menjadi yang kedua beruntun bagi Portugal di kancah sepak bola Eropa, usai meraih gelar Piala Eropa 2016 di Prancis.

Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.