SYARIAH

Zakat Fitrah Anda Ke Rumah Zakat Berdayakan Petani Di Desa

SIBERNAS.com – Umat muslim mulai memasuki 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan. Selain memperbanyak amalan dan ibadah yang dianjurkan Rasulullah, ada satu perintah yang wajib dilaksanakan sebelum Ramadhan 1440 H berakhir.

Perintah itu adalah membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah merupakan amalan yang Allah wajibkan kepada setiap orang muslim.Tak peduli kaya atau miskin, masih bayi atau sudah tua renta, semuanya wajib membayar zakat fitrah.

Karena itu pula, pembayaran zakat fitrah ini bisa diwakilkan kepada salah satu anggota keluarga atau sahabatnya. Karena zakat fitrah ini menjadi kewajiban bagi setiap muslim (tidak dibatasi kemampuan), maka tentu banyak pertanyaan yang menyangkut tentang zakat fitrah ini.

“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitrah sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud)

Lihat Juga :  Kemenag Gelar 10 Kali Manasik Bagi Jamaah Haji

Zakat terbagi dua yaitu zakat maal (harta) dan zakat fitrah (diri). Zakat maal adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh individu dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan secara syarak.

Zakat fitrah ialah zakat yang dikeluarkan bertepatan dengan momen bulan ramadhan dan juga hari raya idul fitri  yang diwajibkan kepada setiap diri orang Islam baik anak kecil atau dewasa, lelaki atau wanita, merdeka atau hamba sahaya dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Hadi Yudasta Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan mengakatakan bahwa Zakat fitrah yang sahabat amanahkan melalui Rumah Zakat di ramadhan tahun ini, akan dipergunakan untuk membeli beras para petani di 1.452 Desa Berdaya binaan Rumah Zakat yang tersebar di 237 kota/kabupaten untuk kemudian didistribusikan kepada para penerima manfaat.

Lihat Juga :  Kemenag Gelar 10 Kali Manasik Bagi Jamaah Haji

“Zakat fitrah sahabat menjadi energi bagi masyarakat binaan, sekaligus memberdayakan para petani di Desa Berdaya. Mari tunaikan zakat fitrah dan berdayakan petani desa. zakat Fitrah di Rumah Zakat bisa dalam bentuk beras atau uang”, ujarnya.

Hitungan zakat Fitrah yaitu 2,5 Kg beras perorang, sedangkan dalam bentuk uang jumlahnya sesuai dengan harga beras yang dimakan.

Untuk Rumah Zakat, zakat fitrah dengan uang senilai 35.000 perorang. Transfer zakat: Mandiri 132000 481 974 5 atau BNI Syariah 155 555 5589 konfirmasi WA 0878-9702-8828.

 

Editor : Handoko Suprianto

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close