Uncategorized

Tingkatkan Iman dan Taqwa Melalui Pondok Ramadhan

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Bulan suci Ramadhan disambut dengan suka cita oleh seluruh umat muslim di dunia. Termasuk SMAN Sumatera Selatan, yang menyambutnya dengan mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah Pondok Ramadhan.

Pondok Ramadhan merupakan agenda tahunan SMAN Sumatera Selatan diperuntukkan bagi siswa-siswi SMAN Sumatera selatan. Tahun ini Pondok Ramadhan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut, 22-24 Mei 2019.

Kegiatan yang bertajuk ‘Melalui Pondok Ramadhan dan Wisuda Tahfidz, Kita Tingkatkan Kualitas Soft-Skills Peserta Didik SMAN Sumatera Selatan”, ini dibuka oleh Plt Kepala SMAN Sumatera Selatan Devi Mardhiyanti, MPd, pada hari pertama.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan Pondok Ramadhan ini anak-anak dapat meningkatkan aqidah baik dari segi ibadah maupun akhlaknya. Karena sekolah tidak sekadar mencetak generasi millenial yang berprestasi tetapi juga yang memiliki integritas,” pesannya kepada para siswa yang hadir.

Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa para siswa, Pondok Ramadhan ini dipenuhi dengan berbagai lomba-lomba islami seperti, kuis Tajwid, lomba Da’i-Da’iyah, dan Nasyid, penyampaian Fiqih, penayangan film islami, serta wisuda Tahfidz pada penutupan pondok Ramadhan.

Untuk penyampaian Fiqih, Panitia mengundang mantan Ketua DPD PKS Musi Banyuasin dan alumni Universitas Islam Imam Muhammad Ibnu Saud di Riyadh, Saudi Arabia H Nuryasin Arlan, LC Al Hafidz, sebagai pembicara Fiqih Muamalah. Kemudian Ustadz Hasan Ahmad Awwab Basyueb, LC, sebagai pembicara Fiqih Zakat, dan Ustadz HMMustajab, LC, sebagai pembicara fiqih puasa.

Hari pertama kegiatan diisi dengan penyampaian fiqih zakat oleh Ustadz Hasan Ahmad Awwab Basyueb, LC, usai pembukaan oleh Plt Kepala SMAN Sumatera Selatan , para siswa mengikuti materi dengan sangat antusias. Setelah penyampaian fiqih zakat, kegiatan dilanjutkan dengan penayangan film islami, lomba kuis tajwid, dan lomba Da’i-Da’iyah.

Pada hari kedua kegiatan terbagi menjadi 2 sesi, pada pagi hari jam 08.00-09.30 diisi dengan materi keislaman yaitu fiqih puasa yang disampaikan oleh Ustadz Mustajab, LC, dan fiqih muamalah yang disampaikan oleh H Nuryasin Arlan, LC, Al Hafidz. Kemudian pada 13.00-15.00 dilanjutkan dengan lomba Da’i-Da’iyah dan Nasyid. Kegiatan lomba diikuti oleh perwakilan setiap house yang ada di asrama SMAN Sumatera Selatan.

Hari ketiga kegiatan diisi dengan sholat dhuha berjamaah, kultum oleh staf SMAN Sumatera Selatan, dan khataman Al-Quran. Kemudian, kegiatan Pondok Ramadhan ditutup dengan acara wisuda Tahfidz oleh Ustadz Tahfidz Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang, Ustadz Umar Almunawar Alhafidz. Usai penutupan, seluruh siswa, staf, guru, serta alumni SMAN Sumatera Selatan mengadakan acara buka puasa bersama di lapangan basket indoor dan akan dilanjutkan dengan shalat Tarawih bersama.

Salah satu siswi SMAN Sumatera Selatan Sekar Adelia Kusmiati, yang merupakan wisudawati Tahfidz terbaik sempat mengutarakan pendapatnya mengenai kegiatan ini.

“Saya sangat senang dengan adanya Pondok Ramadhan ini. Kegiatan ini melatih diri untuk menjadi insan yang lebih istiqamah, dan lebih disiplin dalam melaksanakan ibadah, serta memikirkan kepentingan akhirat tanpa mengesampingkan dunia,” ujarnya.

Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.