NASIONAL

Bandara Patimura Bakal Pasang Pendeteksi Suhu Untuk Cegah Cacar Monyet

SIBERNAS.com – Bandara Internasional Pattimura Ambon berencana mengoperasikan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus zika sebagai penular penyakit cacar monyet (monkeypox) di Provinsi Maluku. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku Meikyal Pontoh mengatakan pemasangan pendeteksi itu karena Bandara Pattimura merupakan bandara internasional atau pintu masuk internasional.

memberikan tindakan, dan dibawa ke rumah sakit rujukan yang sudah kita siapkan,” kata Meikyal. Dikutip dari republika.co (15/5)

Para penumpang di kedatangan internasional dari negara yang terjangkit virus zika akan diberikan kartu khusus untuk memantau kondisi kesehatannya. Ia juga sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait dengan upaya mencegah masuknya penyakit itu.

Lihat Juga :  Sambut Arus Mudik, Pelabuhan Merak-Bakaheuni Terapkan Sistem Ganjil Genap, Simak Jadwalnya

Dinkes Maluku belum mendapatkan surat resmi dari Kementerian Kesehatan terkait penyebaran penyakit tersebut. “Belum ada surat resmi dari Kemenkes soal virus zika yang merupakan penular penyakit cacar monyet tersebut. Namun, kita tetap akan melakukan langkah antisipasi, jangan menunggu instruksi dari pusat,” katanya

Sebelumnya, Pemerintah Singapura merilis temuan lebih dari 80 kasus virus zika melanda negara tersebut. Bahkan, pemerintah Indonesia sempat mengeluarkan imbauan kepada WNI agar tidak bepergian ke Singapura.

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close