PALEMBANG

Tuding Ada Kecurangan di Empat Lawang dan Banyuasin, Massa PKS Geruduk Bawaslu Sumsel

SIERNAS.com, Palembang – Puluhan massa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) geruduk Kantor Bawaslu Sumsel di Jalan OPI Jakabaring meminta untuk memproses dugaan kecurangan rekapitulasi Pileg di KPUD Empat Lawang dan PPK Talang kelapa Banyuasin, Selasa (7/5/2019).

Diiringi beberapa motor dan mobil pickup dilengkapi alat pengeras suara, massa yang dikomandoi Wakil Ketua DPW PKS Sumsel Askweni melakukan orasi menyuarakan adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oknum penyelenggara pemilu di Empat Lawang dan PPK Talang Kelapa Banyuasin. Selama aksi massa dikawal aparat kepolisian dan TNI.

“Saya Askweni Wakil Ketua DPW PKS meminta Bawaslu untuk memproses DA1 tidak sesuai dengan C1 kita baik untuk DPR RI dan Provinsi di Empat Lawang maupun di PPK Talang Kelapa Banyuasin. Penggelembungan luar biasa puluhan ribu suara. Soal partai yang bermain kami tidak mau sebut.Kami menjaga kode etik. Cukup Bawaslu yang tahu,” kata Askweni yang juga anggota Fraksi PKS DPRD Sumsel.

Perwakilan massa pendemo kemudian diterima Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto ST MM didampingi pimpinan lainnya Iwan Ardiansyah, Junaidi dan Plh Kasek Bawaslu Karlisun.

Lihat Juga :  Pj Walikota Palembang Dukung Gerakan Sinergi Reforma Agraria

“Kami menerima secara terbuka dari jajaran PKS. PKS sudah memasuikan laporannya. Kami secepatnya akan memproses dan memeriksa alat bukti. Persidangannya terbuka. Kecurangannya ada perbedaan hasil TPS dengan kecamatan. Kami sudah minta PKS melengkapi C1 dan DA1 ada sampling setiap kecamatan. Kami akan jadi penengah dan memutuskannya dan putusan kami nanti harus dijalankan,” tegas Iin.

Mestinya kata Iin, ketika ada perbedaan. Dibuka C1 plano. Kalau masih diadakan PSU maksimal 5 hari setelahnya. Inilah yang sering tidak diindahkan permintaan saksi.

“Kedepannya akan jadi pelajaran kita semua. Sanksinya perbaikan prosedur. Kalau terbukti tidak melakukan prosedur kita akan minta buka C1 plano. Teguran bahkan DKPP terkait kode etik,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.