LIFESTYLE

Wow, dengan Postur Tubuh yang Besar Truk Tambang ini ‘Geruduk’ Pameran Otomotif di Kemayoran

SIBERNAS.com, Jakarta – Dalam ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta juga memamerkan truk tambang berukuran besar. Truk merek Caterpillar (CAT) tipe 777E itu biasa digunakan sebagai kendaraan angkut di tambang.

Pemandangan baru dengan kehadiran ‘truk tambang’.dalam ajang  IIMS 2019 Para pengunjung bebas menyentuh dan berswafoto dengan kendaraan itu.

Postur tubuhnya yang besar sehingga harus menempatkannya di area outdoor. Untuk satu unit truk ini dibanderol dengan harga sekitar 14 miliar. Truk ini punya panjang lebih dari 10 meter dan berat 200 ton.

Caterpillar type 777E menggendong mesin diesel kapasitas 32.000 cc, 12 silinder. Mesinnya mampu melontarkan daya 1.016 tenaga kuda serta torsi 4.757 nm pada rpm 13.000. Denganya besar mesin tersebut, truk ini mampu menempuh kecepatan maksimal 66 km per jam.

“Mobil ini biasa digunakan untuk tambang batu bara, dan jangan salah, besarnya mobil ini hanya 1/4 dari pada mobil Caterpillar milik freeport” kata Puji, selaku enginer aplikasi mesin. dikutip dari cnnindonesia.com (2/5)

Ia juga mengatakan bahwa ban pada mobil ini tidak dapat ditambal, melainkan harus diganti setiap kali ada kerusakan. Harga untuk satu ban ditaksir dengan harga sekitar Rp 120 juta, atau setara dengan 1 unit Toyota Agya.

Truk tersebut butuh 70-85 liter bahan bakar untuk 1 jam operasional. Sedangkan versi sebelumnya yaitu Caterpillar 777D, per jam mengkonsumsi bahan bakar 96 liter.

Editor : Handoko Suprianto

Contact Us