SUMSEL

Memakai Helm di Jalan Ini, Anda Tidak Akan Selamat

SIBERNAS.com, PALI-Helm atau pelindung kepala adalah syarat utama keselamatan saat mengendarai kendaraan bermotor. Tapi, jika melintas di jalan antara Desa Betung, Kecamatan Abab-Desa Purun, Kabupaten Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), justru tidak selamat jika melintas dengan memakai helm.

Ya, jalanan ini menjadi ancaman tersendiri bagi pengendara yang melintas karena menjadi korban begal saat mengendarai sepeda motor menggunkan helm.

Seperti yang dialami seorang pengendara bermotor bernama Beda dan Joda, Minggu (28/4/2019) sekitar pukul 15.00 WIB. Ceritanya, Beda dan Joda yang bekerja sebagai make up keluarga pengantin hendak pulang. Tiba-tiba, saat melintas di jalan tersebut, keduanya dibegal dua pelaku tak dikenal. Alhasil, motor, handphone, serta peralatan hias dirampas pelaku.

“Anak buah kakak yang ngerias tadi motor nyo keno todong antara Betung dan Purun, motor Honda Revo. Tolong kalu ado relasi kawan, tolong bantuannya. Motor itu dapat pinjaman,” ujar Zizi, pengusaha pelaminan ternama, melalui pesan singkatnya di sosial media, Senin (29/4/2019).

Dikatakan Zizi, akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian materi dan kehilangan pekerjaan. Korban juga mengalami luka ringan.

“Peralatan di box make up, dua HP, motor Honda Revo, dan dompet dirampas pelaku. Kasihan, padahal motor itu untuk ngojek jugo. Pelaku menyerempet dari belakang sambil membawa kapak,” kata Zizi sembari berharap pelaku begal segera tertangkap.

Ditambahkan Jhen, warga Desa Betung, Abab, sudah tidak terhitung lagi pengendara melintas di jalan antara Desa Betung-Purun memakai helm selalu menjadi korban begal. Namun, mirisnya pelaku yang meresahkan masyarakat itu masih berkeliaran secara bebas.

“Sudah belasan pengendara sepeda motor melintas pakai kena begal, disangka itu orang luar,” cerita Jhen.

Jhen memberi saran kepada pengedara yang belum pernah melintas di lokasi kejadian itu, untuk tidak memakai helm saat berkendara sepeda motor di siang hari. Sedangkan untuk malam hari harus merokok berkendara agar terhindar aksi begal.

“Yang lewat wilayah Abab dan Penukal diwajibkan pengendara motor jangan memakai helm di siang hari. Sementara malam hari merokok saat berkendara  agar terhindar begal,” saran Jhen.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Penukal Abab Iptu Alfian mengatakan, korban yang terkena begal diminta untuk melapor. Namun demikian, polisi sudah mendegar aksi kawanan begal tersebut.

“Kami sudah melakukan penyamaran untuk menangkap pelaku. Gambaran sudah ada, kita akan tindak  tegas,” ujar Iptu Alfian melalui sambungan telepon.

Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.