BERITA UTAMABUDAYA

Masyarakat Muaraenim Tumpah Ruah Ikuti Festival Budaya

SIBERNAS.com, MUARAENIM-Festival Karnaval Budaya Muaraenim, yang merupakan bagian dari 25 Festival dalam Colorful Muaraenim Festival Tahun 2019 berlangsung semarak. Ribuan masyarakat Muaraenim tumpah ruah ikut menyaksikan jalannya festival yang digelar, Sabtu (27/4/2019).

Karnaval budaya yang dilepas Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani, MM, dan Wakil Bupati Muaraenim H Juarsah, di lapangan Merdeka Kota Muaraenim sekitar pukul 07.45 WIB, juga dihadiri unsur Muspida dan pejabat di lingkungan Pemkab Muaraenim, diikuti sebanyak 108 peserta terdiri dari kecamatan, siswa dan siswi SD, SMP, SMA, sanggar seni dan komunitas.

Ratusan peserta ini memulai start di Lapangan Merdeka melintas Jalan Sudirman Kota Muaraenim dan berakhir di Monumen Tugu Pahlawan. Para peserta ini dengan indahnya menunjukkan kebolehan dengan beragam atraksi di hadapan Bupati Muaraenim dan Wakil Bupati Muaraenim disaksikan ribuan masyarakat Kota Muaraenim yang antusias menyaksikannya.

Lihat Juga :  Terpilih, Kas Hartadi Minta Aditya Kerja Lebih Keras

Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Muaraenim mengucapkan terima kasih kepada peserta festival budaya yang berasal dari kecamatan, komunitas serta anak sekolah yang telah berpartisipasi mengikuti karnaval budaya daerah tahun 2019.

Menurutnya, Festival Karnaval Budaya ini adalah bagian dari 25 Festival Colorful Muaraenim Festival Tahun 2019. Dia berharap para peserta dapat mengikuti budaya daerah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Muaraenim, menggali serta melestarikan budaya yang ada.

Ahmad Yani menambahkan, dalam rangka memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia yang berkembang pesat, maka menjadikan kebudayaan daerah dan lokal sebagai investasi untuk masa depan dan peradaban bangsa demi terwujudnya tujuan nasional yang diamanatkan dalam Undang-Undang 1945 Pasal 32.

Lihat Juga :  Ayo Hijrah, Tinggalkan Budaya Pacaran!

“Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia. Dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya-ya. Seiring dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Muaraenim 2018-2013 yakni, Muaraenim untuk Rakyat “Merakyat” yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera,” ungkap Bupati Muaraenim.

Reporter : Sigit

Editor : Zahid Blandino

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close