SUMSEL

Jembatan Ulu Musi Hanyut, Gubernur Sumsel Herman Deru Upayakan Bangun Jembatan Darurat

SIBERNAS.com,Palembang РSebuah jembatan di kecamatan Ulu Musi, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan putus akibat tidak kuat menahan derasnya arus Sungai Musi.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengungkapkan akan mengupayankan untuk membagun jembatan darurat.

Herman Derub menyebut jembatan Ulu Musi itu memang sudah tidak layak. Harus ada perbaikan menyeluruh terhadap jembatan tersebut.

“Beberapa bulan lalu saya udah hubungi Menteri PU. Jadi saat saya datang, saya lihat sudah tidak layak jembatannya dan harus diperbaiki,” ujar Herman Deru saat ditemui di acara Festival Kopi di Benteng, Sabtu (27/4/2019).

Herman mengatakan untuk membangun jembatan di sungai tersebut harus mendapat izin dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebab lebar Sungai Musi lebih dari 60 meter.

Lihat Juga :  Somasi Tak Digubris, Bupati Banyuasin Askolani Resmi Laporkan Balik Saudari NY

“Kami mau bangun pakai APBD provinsi dan kabupaten bisa saja, tetapi bentang sungai ada aturannya. Kalau tidak salah di atas 60 meter harus ada izin menteri,” kata Herman Deru.

Untuk sementara ini, Herman mengatakan akan mencari alternatif perbaikan pakai dana APBD dan bantuan TNI. Apalagi daerah tersebut merupakan lumbung padi serta memiliki area pertanian yang cukup luas.

Selain itu Herman juga berencana mengirim tim mengecek jembatan yang usianya lebih 25 tahun di daerah tersebut. Terutama untuk jembatan yang menjadi akses utama di daerah pertanian.

“Nanti kita cari solusinya, bisa kita pakai ABPD provinsi dan kabupaten karena itu daerah persawahan. Kita buat jembatan darurat bersama TNI dan jembatan yang di atas 25 tahun dicek agar masyarakat tidak terisolir,” tutup Herman Deru. sebagaiman dilansir dari detik.com.

Lihat Juga :  Sekda Sumsel : Tertib Administrasi Dapat Menjaga Pejabat Dari Jeratan Hukum

Untuk diketahui jembatan penghubung antar kecamatan di Kabupaten Empat Lawang putus total usai diterjang arus sungai Musi, pukul 06.00 WIB pagi tadi. Selain jembatan, ada pula rumah warga yang hanyut terbawa arus.

Jembatan yang berada tepat di Desa Ulu Musi-Palker, Empat Lawang hancur saat diterjang derasnya arus sungai. Akibatya warga tak dapat menggunakan jalan dan harus memutar untuk cari jalur alternatif, di Sikap Dalam.

Editor : Handoko Suprianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us