LIFESTYLE

Warna Kamar Tidur Pengaruhi Kualitas Tidur ?

SIBERNAS.com – Jika Anda merasa sulit tidur, mungkin salah satu penyebabnya adalah pemilihan warna kamar tidur. Diketahui, warna pada rumah memang bisa menciptakan mood tersendiri di rumah. Warna merah, misalnya.

Ini akan lebih cocok di ruang makan karena meningkatkan selera makan.Pun dengan kamar tidur. Ruang yang satu ini memiliki “warnanya” sendiri guna meningkatkan kualitas tidur kita.

Menurut sebuah survei yang dilansir dari dailymail.co.uk, ternyata warna biru sangat baik untuk kamar tidur.Orang yang tidur di kamar dengan cat berwarna biru bisa tidur hingga 7 jam 52 menit per malamnya.

Setelahnya disusul oleh warna kuning (7 jam 40 menit per malam) dan hijau (7 jam 36 menit per malam).

Menurut survei, warna-warna tersebut menenangkan, diperkirakan memperlambat denyut jantung, dan mengurangi tekanan darah.

Sedangkan yang menduduki peringkat terendah untuk warna pada kamar tidur adalah warna ungu.

Lihat Juga :  Warna Kulit Kaki Berubah Bisa Disebab Kolesterol Tinggi?

Ungu memang memberikan kesan elegan, namun tidak cocok untuk kamar tidur karena merangsang mental sehingga sulit untuk memejamkan mata. Lain halnya dengan biru.

Seperti dilansir dari sripoku.com  Menurut Chris Idzikowski, seorang pakar tidur dari Edinburgh Sleep Centre menjelaskan bahwa ada reseptor khusus pada retina mata yang sensitif terhadap warna biru.

Reseptor ini memberikan informasi ke bagian otak dan mempengaruhi tubuh. Berdasarkan studi yang dilakukan travelodge, berikut warna dan durasi tidur yang akan didapat:

Biru: 7 jam 52 menit

Kuning: 7 jam 40 menit

Hijau: 7 jam 36 menit

Perak/Silver: 7 jam 33 menit

Oranye: 7 jam 28 menit

Merah: 6 jam 58 menit

Abu-abu: 6 jam 12 menit

Lihat Juga :  Sering Dibunuh, Ternyata Ini Tujuan Allah Menciptakan Nyamuk

Cokelat: 6 jam 05 menit

Ungu: 5 jam 56 menit

Jadi, bijak juga memilih warna untuk kamar tidur ya.(*)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us