PALEMBANG

Kabel Sensor Pemantau Kesehatan Jembatan Musi IV Dicuri

SIBERNAS.com, Palembang – Kabel grounding Jembatan Musi IV sepanjang lebih kurang 256 meter dipotong dan dicuri. Kabel itu merupakan bagian dari Sistem Pemantau Kesehatan Struktur atau Structural Health Monitoring System  (SHMS), yang berfungsi memantau kesehatan struktur jembatan.

Informasi kehilangan kabel ini diunggah akun instagra @palembangkulukilir, Kamis (21/02/2019) malam. “YA ALLAH ALANGKEH SEJARNYO, SEDIH NIAN BACO INI.
Tolong kalo yang liat cak ini, foto dan laporken cepet, Kasian jembatan kito
,” tulis admin instagram berpengikut 130 ribu akun itu. Foto dan informasi diangkat dari akun @jembatanmusiiv.

Pencurian diperkirakan terjadi antara Rabu (20/02/2019) sekitar pukul 17.00 WIB hingga Kamis (21/02/2019) sekitar pukul 07.00 WIB. Akun @jembatanmusiiv juga menuliskan imbauan kepada warga untuk melapor jika melihat atau memergoki kejadian serupa. Tanggapan netizen satu nada. Mereka menyesalkan peristiwa itu dan mengutuk pelakunya.

Lihat Juga :  Area Bundaran Air Mancur Hingga Trotoar Ampera Bersih Untuk Salat Idul Fitri

Pencurian kabel ini tampaknya memang tidak berpengaruh langsung. Namun, dampaknya akan terasa pada perawatan jembatan itu kelak. Teknologi SHMS menggunakan sensor –ditempatkan di titik-titik tertentu—yang sudah terintegrasi dengan data logger untuk melakukan pemantauan kesehatan pada setiap struktur bangunan termasuk jembatan.

Sistem ini mampu memberikan data valid dan juga terukur untuk menunjukan kondisi kesehatan jembatan. Dengan adanya teknologi ini, maka berbagai permasalahan pada jembatan seperti pondasi yang amblas, kegagalan struktur  dan risiko rubuh dapat langsung terdeteksi sejak dini sehingga dapat segera dilakukan perbaikan sebelum terjadi kerusakan yang lebih besar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.