PALEMBANG

KPU Palembang Kebanjiran Permintaan Bangun Posko Informasi Pemilu di Kampus

SIBERNAS.com,Palembang– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang merespon permintaan sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk mendirikan posko informasi terkait Pemilu di kampus-kampus.

Menurut Divisi Humas KPU kota Palembang, Yetty Oktarina pada awalnya posko kampus difokuskan di UIN Raden Fatah dan Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) tapi kemudian mahasiswa Universitas lain juga antusias untuk membangun posko di kampusnya.

“Sampai dengan hari ini sudah pasti 4 posko yang akan dibuka yakni dari kampus UIN Raden Fatah, UMP, Polsri, PGRI. Suratnya sudah masuk semua. Sementara kampus Poltekkes sedang mengurus perizinan dari Dinas Pendidikan. Tinggal yang kami pikirkan rotasi menjaga posko karena sebelumnya hanya fokus ke UMP dan UIN,” ujar Yetty seperti dikutip dari britabrita.com

Lihat Juga :  Andika Tinjau Latma Garuda Shield -16/2022 di Bandara SMB II Palembang

Pihaknya menargetkan hingga Maret mendatang 6 posko di kampus bisa didirikan, mengingat target partisipasi yang ingin dicapai sebesar 77 persen.

Pemindahan pemilih di kalangan mahasiswa cukup tinggi, sehingga mengakomodir keinginan para mahasiswa akan mempermudah proses pemindahan pemilih.

“Posko ini adalah posko informasi KPU yang akan mensosialisasikan jenis surat suara, teknis suara sah tidak sah, dan lain sebagainya,” katanya

Yetty menuturkan, konsentrasi saat ini terkait pindah pemilih di kalangan mahasiswa. Karena rata-rata mereka tinggal di kost. Sehingga pada 17 April nanti, kemungkinan mahasiswa tidak pulang ke kampung halaman karena jauh hari sebelumnya harus mengurus untuk memperoleh formulir A5.

Proses untuk memperoleh formulir A5 yang mereka belum tahu. Kalau formulir A5 sudah dikeluarkan maka mereka tak bisa memilih di tempat asalnya. Yang jelas mereka harus cek hak pilih dulu di Daftar Pemilih Tambahan (DPT)

Lihat Juga :  Tinggal di Palembang, WNA Bisa Punya e-KTP

“Kalau mereka punya E-KTP maka masuk DPK (Daftar Pemilih Khusus) dan langsung melapor ke KPU karena pada 17 Februari ini rapat pleno penetuan DPT akan diselenggarakan,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us