OLAHRAGAPALEMBANG

Warga Terjebak Satu Jam, Pengendara Terobos Lintasan Triathlon

SIBERNAS.com, PALEMBANG – Minimnya informasi tentang kegiatan Palembang Triathlon 2019 dikeluhkan oleh warga kota pempek ini. Pasalnya, banyak yang tidak tahu kalau Jembatan Ampera ditutup saat pertandingan berlangsung, kemarin pagi.

Akibatnya, banyak pengendara terjebak, lantaran jembatan kebanggaan wong kito itu ditutup total. Bunyi klakson dan teriakan pengendara meminta agar jalan dibuka pun saling bersahut-sahutan.

Bahkan ditengah pertandingan berlangsung, sejumlah pengendara nekat menerobos lintasan tersebut. Sehingga jalan Ampera dari Ulu ke Ilir dilalui pengendara disaat para peserta Triathlon bertanding. Jaya, warga Kertapati ini mengaku tidak mengetahui adanya acara tersebut, bahkan ia mengaku terkejut dengan penutupan Ampera tersebut.

“Kami tidak tahu ada acara apa ini. Karena benar-benar tak ada pemberitahuan,” ujarnya, Minggu (10/2). Pria 34 tahun ini mengaku terjebak hampir satu jam lebih di depan Universitas Kader Bangsa. “Ya saya ini mau kerja. Sudah sejam lebih kami nunggu gak dibuka-buka,” ujarnya dengan nada kesal.

Dia menyangkan panitai tidak pernah melakukan sosialisasi. “Benar-benar tak ada sosialisasi. Kalau kayak Asian Games kemarin kan tahu, jadi bisa antisipasi. Ini sama sekali tidak tahu,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Selfi, warga lainnya yang mengaku kesal dengan penutupan Jembatan Ampera. “Terkejut juga kalau ditutup. Saya ini mau hadiri acara sepupu akad nikah, jadinya terjebak macet di sini,” ujarnya.

Selfi, warga Pakjo ini hendak ke Jakabaring. Namun saat tiba di simpang Jakabaring jalam ditutup. “Coba kasih tahu kalau jalan ditutup. Ini sama sekali gak ada pemberitahuannya,” bebernya serpti dikutip sibernas.com dari sripoku.com, (11/2/19).

Lihat Juga :  Rumah Dinas Walikota Palembang di Jalan Tasik Gelar Open House 2 Hari

Sepanjang pertandingan berlangsung cuaca mendung dan diguyur hujan sempat mengangu para peserta Palembang Triathlon 2019. Para peserta yang saat itu sedang bersepeda melintasi Jembatan Ampera pun tak pelak mendapat guyuran hujan.

Walaupun tak deras, namun keadaan tersebut dikeluhkan juga dari para peserta. Seperti peserta yang berasal dari Surabaya ini. Madam Ussy mengaku sangat terggangu dengan keadaan cuaca tersebut. “Tergangu sekali dengan cuaca tadi, karena bikin mata perih,” jelas dia.

Wanita yang berasal dari komunitas free bike Indonesia ini sempat memperlambat sepedanya karena hujan tersebut. “Kalau gak hujan tadi ya bisa lebih cepat. Karena hujan ya jadi lambat agar tidak jauh,” katanya.

Kalau untuk antusias warga, ia menilai cukup baik karena banyak juga masyarakat disepanjang jalan yang menonton. “Senang banget. Ini Triathlon kedua saya dan pertama di Palembang,” ungkap dia.

Sementara itu, Pendiri Triathlon Palembang, Chaidir Akbar mengklaim kalau acara tersebut sudah dipersiapkan secara matang dan sosialisasi juga sudah dilakukan. “Sosialisasi sudah kita lakukan, mungkin masih ada yang belum tahu. Memang ke depan kita akan evaluasi dengan pihak-pihak terkait agar selanjutnya dapat lebih baik,” katanya.

Chaidir mengaku kegiatan Palembang Triathlon 2019 dilakukan pertama kali di Palembang oleh PT Rocca Karya. Bahkan rencananya kegiatan ini bakal dijadikan ajang tahunan di kota Palembang. Untuk jumlah peserta ini diikuti sebanyak 400 peserta yang berasal dari komunitas dan atlet baik dari lokal maupun mancanegara.

Lihat Juga :  Area Bundaran Air Mancur Hingga Trotoar Ampera Bersih Untuk Salat Idul Fitri

“Ada dari Surabaya, Bali, Medan, Malang, Makasar, Padang dan lainnya. Kalau dari luar negeri ada 10 negara diantaranya yakni Belanda, Singapura, Malaysia, Prancis, Portugal dan New Zealand,” tegasnya. Dengan Palembang Triathlon ini juga pihaknya juga lebih ingin mengenalkan kota Palembang khususnya kepada para peserta sehingga ada income yang baik bagi kota Palembang sendiri.

“Peserta yang datang kita sambut di bandara dengan songket Palembang dan juga disini kita suguhkan duku , pempek dan lain sebagainya. Dengan tujuan mempromosikan Palembang ke mata internasional,” ungkap dia.

Ajang Palembang Triathlon 2019 mempertandingkan kategori mix ralay yang digelar 9 Februari 2019. Sedangkan kategori umum dilaksanakan 10 Februari 2019.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menyambut baik dengan pertandingan tersebut sekaligus membukanya. “Selamat datang kepada para peserta dan atlet. Dan kami bangga Palembang bisa menjadi tuan rumah event ini,” kata dia.

Deru juga memberikan semangat kepada para peserta untuk bisa bertanding sembari menikmati indahnya kota Palembang ini.

Turut hadir dalam pembukaan Palembang Triathlon 2019 di JSC kali ini Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Denni Gabriel, Ketua DPRD Kota Palembang H Darmawan, Dandim 0418 Letkol Inf Honi Havana. Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leanpuri serta Founder Of PT. Rocca.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.