PALEMBANG

Target 2019, Semua Puskesmas Terakreditasi

SIBERNAS.com, Palembang – Pemkot Palembang, melalui Dinas Kesehatan, fokus dalam penguatan layanan kesehatan. Untuk itu, semua Puskesmas di Kota Palembang ditargetkan  akan terakreditasi pada tahun 2019.

Dalam Rapat Koordinasi dan Penandatanganan Capaian Dinas Kesehatan untuk tahun 2019, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr. Letizia, mengatakan bahwa untuk program itu,  dana sebanyak Rp600 juta akan dikucurkan untuk operasional Puskesmas.

“Hingga tahun 2018 lalu, sudah 37 Puskesmas yang terakreditasi. Untuk tahun ini empat Puskesmas lagi yang akan mendapatkan akreditasi, karena sudah memenuhi standar peralatan Puskesmas,” kata Letizia, Selasa (29/01/2019).

Menurutnya, akreditasi ini mengacu kepada Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Upaya Memelihara Pelayanan Kesehatan dan Peralatan Puskesmas.

Lihat Juga :  Sembako Gratis Untuk Atasi 12.812 Orang Miskin Ekstrem di Palembang

“Standarnya itu minimal satu Puskesmas punya dua dokter. Sementara di Kota Palembang, tiap Puskesmas punya rata-rata dua hingga empat orang dokter, sehingga sudah sangat efisien,” katanya.

Menanggapi hal ini, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, menargetkan, Puskesmas dapat melayani masyarakat tanpa hambatan setelah akreditasi ini.

“Saya ingatkan kepada Kepala Puskesmas agar tetap memerhatikan pertanggungjawaban kesehatan masyarakat yang ada di wilayahnya. Selain itu, masyarakat sayaa imbau unuk menjaga pola asupan gizinya agar tak terkena. Jangan sampai ada yang mengidap gizi buruk,” katanya.

Reporter : Maya Citra Rosa

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.