PALEMBANG

Pemkot Palembang Targetkan E-LHKPN Selesai Akhir Februari

SIBERNAS.com, Palembang – Pemerintah Kota Palembang melaksanakan sosialisasi tata cara pengisian formulir E-LHKPN (sistem data berbasis internet Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara/LHKPN) Tahun 2019, di Kantor Walikota Palembang, Senin (28/01/2019).

Sistem ini bertujuan agar pelaporan harta kekayaan dapat lebih mudah, cepat, dan bermanfaat. Asisten I Pemkot Palembang, Sulaiman Amin, mengatakan bahwa penyusunan pelaporan E-LHKPN ini secara langsung dikelola operator, sehingga di dalam pelaporan ini benar-benar materi yang dilakukan sesuai dengan kenyataan.

“Kemudian, masalah transparansi laporan harta kekayaan ini. Kita tidak menginginkan laporan tersebut di kemudian hari akan menimbulkan akibat hukum atau tidak sesuai dari data yang dilaporkan secara online oleh masing-masing operator,” katanya.

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

Dia menginginkan agar semua pejabat agar segera melaporkan harta kekayaan yang mereka miliki, sehingga menjadi transparan.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ratu Dewa, mengatakan bahwa wajib lapor sebanyak 554 orang, sedangkan  yang belum melaporkan sebanyak 219 orang.

“Ini harus kita tindaklanjuti setelah melalui tahap sosialisasi untuk segera dibuatkan laporan terkait wajib pajak bagi pejabat dan pengelolaan keuangan,” katanya.

Menurutnya, target pelaporan ini harus selesai pada akhir Februari tahun ini, dan awal Maret harus selesai terkhusus bagi yang belum melaporkan.

“Jika mereka belum memenuhi, maka akan ada sanksi tegas terhadap para pejabat dan pengelolaan keuangan terkait LHKPN. Untuk kendala terkait pada sistem yang digunakan, seperti koneksi yang mengalami gangguan karena data tersebut langsung terkoneksi ke KPK. Selain itu juga, ada data yang harus diperbaharui terkait masalah, seperti ada yang telah meninggal dunia tetapi namanya masih tercantum di sana,”  katanya.

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

Reporter : Maya Citra Rosa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.