Uncategorized

KPU Minta Masyarakat Jadikan Debat Sebagai Rujukan Menentukan PIlihan

SIBERNAS.com, Jakarta –  Debat perdana antarpasangan capres–cawapres Pemilu 2019 bakal digelar pada malam ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau masyarakat untuk menonton debat kandidat tersebut dan menjadikannya sebagai rujukan dalam menentukan pilihan pada hari pemungutan suara nanti.

“Ini penting bagi Anda semua, untuk menjadikannya (debat capres) sebagai referensi untuk memilih pada 17 April 2019 yang akan datang,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (16/1/2019).

KPU melakukan geladi resik debat capres pada pukul 09.00 WIB pagi tadi di lokasi acara, yaitu Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyatakan geladi resik pagi tadi sebagai finalisasi persiapan debat nanti malam.

“Kami melibatkan semua, baik pihak hotel, media penyelenggara, TNI, Polri, Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden), juga Tim Kampanye Nasional paslon nomor urut 01 dan Badan Pemenangan Nasioal paslon 02,” ujar Wahyu.

Dia menuturkan, KPU telah menyediakan undangan untuk 500 orang pada acara debat malam ini. Perinciannya, 100 undangan untuk pendukung pasangan Jokowi–Ma’ruf; 100 undangan untuk pendukung Prabowo–Sandi, dan; 300 orang undangan dari KPU.

“300 orang itu menggambarkan ragam tokoh di Indonesia dengan berbagai latar belakang. Kami mengundang mantan presiden dan mantan wapres, akademisi, duta besar negara sahabat, budayawan, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda,” ucapnya.

Dia  menjelaskan, kapasitas di ruang debat hanya mampu menampung 500 tamu undangan. Oleh karenanya, KPU juga mempersiapkan dua lokasi lain bagi para pendukung kedua paslon yang tidak kebagian undangan agar bisa menonton acara debat bersama-sama melalui layar lebar.

“Dua tempat yang dimaksud adalah di luar Hotel Bidakara, tetapi masih dalam area hotel. Dua tempat itu kami bermaksud untuk memisahkan pendukung 01 dan pendukung 02, agar dapat tercipta suasana yang kondusif, aman tertib dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” tuturnya. Dilansir dari inews.id,(17/1).

Debat capres yang dimoderasi oleh Ira Koesno dan Imam Priyono nanti malam akan dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi kandidat. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan dari para panelis.

Segmen keempat dan kelima adalah debat antarkandidat dengan pertanyaan yang diajukan masing-masing paslon. Sementara, segmen terakhir diisi dengan pernyataan penutup (closing statement) dari masing-masing paslon. Adapaun topik yang diangkat dalam debat perdana antarkandidat nanti malam seputar masalah hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan nepotisme.

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close