PALEMBANG

2019, Puskesmas di Palembang Wajib Akreditasi

SIBERNAS.com,Palembang – Semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Palembang harus terakreditasi pada tahun 2019. Pernyataan ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, dr Letizia usai rapat koordinasi dan penandatanganan capaian Dinas kesehatan untuk tahun 2019.

“Hingga tahun 2018 lalu, sudah 37 puskesmas yang terakreditasi. Untuk tahun ini ada 4 puskesmas lagi yang belum dan akan mendapatkan akreditasi karena sudah memenuhi standar peralatan Puskesmas,” ungkapnya.

Menurut Letizia, akreditasi tersebut mengacu Permenkes nomor 75 tahun 2014 tentang upaya memelihara pelayanan kesehatan dan peralatan Puskesmas. Untuk tenaga medis di Puskesmas sendiri,  saat ini menurutnya sudah cukup efisien. Yang menjadi fokusnya adalah penguatan layanan kesehatan, dengan kucuran dana Rp600 juta untuk operasional Puskesma

Lihat Juga :  Harkitnas 2022, Waktunya Bangkit dari Krisis Ekonomi

“Standarnya itu minimal satu Puskesmas punya 2 dokter, sementara di kota Palembang tiap Puskesmas punya rata-rata 2 hingga 4 orang dokter sehingga sudah sangat efisien,” tandasnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menegaskan pelayanan kesehatan jika Puskesmasnya sudah terakreditasi bisa melayani masyarakat tanpa ada hambatan.

“Saya ingatkan para kepala Puskesmas agar tetap memperhatikan pertanggungjawaban kesehatan masyarakat yang ada di wilayahnya. Selain itu, masyarakat juga harus menjaga pola asupan gizi khusus bagi anak-anak agar tidak ada yang mengidap gizi buruk,” katanya. (Tri Jumartini Ilyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *