LIFESTYLE

Adek Jilbab Biru “Melahirkan” Puluhan Versi, dari Santri Hingga Polisi

Adek Jilbab Biru menjadi fenomena di tengah para Youtuber. Dalam sebulan, lagu ini telah “melahirkan” puluhan versi. Mulai dari santri hingga anggota polisi, turut pula menyanyikannya dalam berbagai versi. Setidaknya, ada puluhan tampilan serupa di kanal Yotube.

SIBERNAS.COM, PALEMBANG – Luar biasa. Lagu Adek Bejilbab Biru karya Imam Hidayat yang viral di Palembang telah melahirkan puluhan versi. Lagu yang dinyanyikan Imam dengan iringan gitar Aslam Makatutu Rusli itu diunggah di kanal Youtube pada 5 September 2018 itu, hingga Jumat (12/10/2018) sekitar pukul 14.00, telah ditonton sebanyak 48.238  kali.

Adek Jilbab Biru menjadi fenomena di tengah para Youtuber. Dalam sebulan, lagu ini telah “melahirkan” puluhan versi. Mulai dari santri hingga anggota polisi, turut pula menyanyikannya dalam berbagai versi. Setidaknya, ada puluhan tampilan serupa di kanal Yotube.

“Reaksi” pertama yang muncul adalah penampilan para santri dan santriwati. Lagu berjudul Aduh Aa, Eneng

Juga Rindu  (Balasan dari Anak Ikromah) ini dinyanyikan berbalas-balasan. Diunggah pada 7 September 2018 dan hingga kini telah ditonton sebanyak 162.428 kali.

Reaksi para santri.

Ada juga enam remaja putri berjilbab dan bercadar, yang “membalas” Imam dan Aslam. Video ini diunggah oleh Septiara Dwi enggani pada 2 Oktober 2018 dan ditonton 744 kali. Tampilan ini mengundang reaksi Muriski Putra, yang memadukan tampilan itu dengan unggahan Imam dengan tajuk Kakak  Adek Tinggal Ketemu Versi Wong Kito. Video ini diunggah pada 3 Oktober 2018 dan sudah ditonton sebanyak 517 kali.

Lilis Sugati mengunggah Adek Lah Siap Jadi Menantu  pada 3 Oktober 2018 dan sudah ditonton sebanyak 5.097 kali. Sesuai lagu Imam, yang dituju adalah adek berjilbab biru, sang penyanyi di video ini juga mengenakan jilbab berwarna biru.

Pada hari yang sama, Abang Roh mengunggah lagu dengan judul yang diubah, yaitu Adek Cantik Jilbab Merah (Wong Palembang). Video ini sudah tayang hingga 1.127 kali.

Lihat Juga : BEGESAH PEH Ala Palembang Ajak Warga Peduli Pileg dan Pilpres

Sedangkan Ario Husin mengunggah Adek Jilbab Biru  dalam versi gadis dari Baturajo, Pagaralam, Lubuklinggau, Muaraenim, Muaraduo, PALI, dan Empat Lawang.  Video yang diunggah pada 7 Oktober 2018 ini telaj tayang sebanyak 24.385 kali. Versi lengkap lagu ini diunggah kembali Wong Setiawan Zylla, 10 Oktober, setelah sebelumnya diunggah Ario Husin. Pada lagu ini, ada tambahan gadis dari Sekayu, Belitang, OKI, Inderolayo, Prabu(mulih), dan Lahat.

Ditasya Riani26 mengunggah Balasan Adek Jilbab Biru pada 8 Oktober dan ditonton 4.259 kali. Hal setrupa dilakukan Novita Yanve, yang mengunggah video enam remaja putri berjilbab dan bercadar yang menyanyikan lagu “tantangan” bagi Imam, dua hari sebelumnya.

Jawaban lagu Adek Jilbab Biru oleh seorang Youtuber.

Unggahan Riani26 adalah lagu jawaban Adek Jilbab Biru. Namun, gadis yang menyanyikannya memakai jilbab berwarna ungu muda. Maka, muncul pula unggahan video berisi lagu Adek Jilbab Ungu – Versi Palembang Cover By Aris Candra pada 9 Oktober. Video ini ditonton 6.712 kali. Tayangan ini berangkai dengan lagu Adek jilbab Biru Vs Adek Jilbab Ungu yang diunggah Rahman Pranovri pada 11 Oktober 2018 yang menampilkan perpaduan (edit) antara Imam dan Aslam bersama video unggahan Riani26.

Tayangan yang cukup menarik diunggah Musisi Jogja Project pada 9 November 2018. Video ini menampilkan pengamen Jogja tampil di sebuah kafe dan membawakan lagu Adek Jilbab Biru. Tayangannya? Tercantum 28.760  kali ditonton.

Kreativitas Pagaralam Channel lain lagi. Pada video yang diunggah pada 11 Oktober oleh Meigi Chaerizal itu memakai lirik berbahasa Besemah. Sedangkan Seraga Santri, memanfaatkan irama Adek Jilbab Biru dan liriknya diganti dengan shalawat.

Copas Short Video, yang mengunggah video penampilan seorang lelaki berseragam polisi. Sosok ini menyanyikan Adek Jilbab Biru sambil memetik gitar. Memang penontonnya belum banyak. Selama dua hari (sejak diunggah 10 Oktober), video ini baru 133 kali ditonton.

Tayangan Youtube  itu hanya sebagian kecil dari puluhan cover lagu yang fenomenal ini, baik menyanyikan ulang, memodifikasi, maupun jawaban atas lagu itu. Sayangnya, dari sekian banyak cover itu, memang tak tampak credit yang menuliskan judul lagu (asli) dan penciptanya. Namun, demikian, video asli  milik Imam dan Aslam –baik unggahan mereka maupun unggahan ulang oleh pihak lain—juga tidak mencantumkan tulisan yang menandakan bahwa lagu itu merupakan ciptaan Imam.

Sehari sebelumnya, kepada Sibernas.com, Imam mengatakan bahwa dia melihat lagunya yang awalnya viral, kemudian di-cover oleh banyak anak muda lainnya, ia sedikit kecewa. Menurutnya, boleh saja cover atau membagikan kembali video tersebut asal izin terlebih dahulu, atau dicantumkan hak cipta lagunya.

Cover sih boleh, tapi mereka banyak tidak mencantumkan credit. Seolah-olah mereka yang buat lagu, padahal kan kita yang buat, jadi kayak plagiat,” kata Imam, diiringi tawa kecilnya.

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close