EDUKASI

129 Siswa SMKN 6 Diterjunkan Praktek Industri

Sibernas.com, Palembang-Guna menajamkan persiapan lulusan yang siap mandiri dan siap kerja ke Dunia Usaha maupun Dunia Industri (Dudi) , pihak SMK Negeri 6 Palembang menurunkan 129 siswa untuk mengikuti praktek kerja industri (Prakerin).

Di awal tahun 2021 ini mereka yang berlatar belakang paket keahlian perhotelan dan tata boga diterjunkan dibeberapa hotel bergengsi di Kota Palembang.

Prakerin ini sendiri merupakan program kegiatan magang yang harus dilakukan siswa di dunia industri, dalam rangka untuk memberikan bekal yang memadai bagi siswa, sebelum lulus dan masuk ke dunia kerja.

Sebelum diterjunkan, terlebih dahulu siswa diberi pembekalan selama satu hari di sekolah. Materi pembekalan yang diberikan berkaitan dengan program magang yang mengacu pada kebijakan.

Lihat Juga :  SMAN 6 Palembang Targetkan Vaksinasi 100 Persen

Pembekalan dari pihak sekolah, salah satunya tentang tingkah laku dan sebagainya. Setelah diberikan pembekalan siswa sudah bisa memulai magang di tempat perusahaan yang dituju.

Kepala SMK Negeri 6 Palembang, Zulfikri mengatakan, prakerin merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri, yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidangnya.

“Bagi siswa yang mengikuti prakerin, tujuannya dapat membentuk pola pikir dan mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah, sehingga dapat diterapkan dengan baik. Mereka juga dilatih untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya,” jelas Zulfikri, Minggu (10/1/2021).

Ia menambahkan, siswa yang mengikuti prakerin juga bisa membentuk etos kerja yang baik, sehingga kedepannya siswa dapat menjadi sosok lulusan dan berkualitas. Selain itu, juga menambah jenis keterampilan yang dimiliki siwa agar dapat diimplementasikan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.

Lihat Juga :  Durasi Belajar PTM Siswa SD dan SMP di Palembang Ditambah Jadi 3 Jam

Zulfikri menyebutkan, siswa yang melaksanakan prakerin yakni siswa kelas XI jurusan perhotelan dan tata boga. Siswa yang mengikuti prakerin ini akan di intervew terlebih dahulu oleh pihak hotel.

“Dari 129 siswa yang kita terjunkan ke hotel-hotel yang memang sudah ada kerjasama dengan sekolah kita, ada 13 siswa yang tidak lulus interview Mereka yang tidak lulus ini selama tiga bulan ke depan akan prakerin di SMK 6 karena kita mempunyai hotel juga,” pungkasnya.

Reporter: Sugiarto
Editor: Zahid Blandino

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close